Banjir yang Rendam Rumah Bupati Jember Surut Namun Menyisakan Lumpur

Yakub Mulyono - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 22:18 WIB
rumah bupati benjer kebanjiran
Petugas membersihkan lumpur sisa banjir di rumah Bupati Jember (Foto: Yakub Mulyono)
Jember - Luapan Sungai Kali Jompo membuat rumah Bupati Jember Hendy Siswanto kebanjiran. Ketinggian air yang mencapai 1,5 meter menggenangi lantai 1 rumah yang berada di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Kaliwates itu.

Keluarga bupati sampai harus mengungsi ke lantai dua Karena banjir memenuhi bagian rumah di lantai satu. Ruang keluarga, ruang tamu, dan sejumlah kamar di dalam rumah bupati juga porak poranda terdampak banjir.

Banjir luapan mulai surut sejak pukul 20.00 WIB. Anggota dari TRC BPBD Jember, Tagana, Petugas Damkar dan Penyelamatan Pemkab Jember, dan relawan saat membantu untuk membersihkan setiap sudut rumah bupati.

Rumah bupati paling terdampak banjir adalah di bangunan rumah lantai satu. Pasalnya posisi lantai satu rumah itu lebih rendah dari jalan utama.

"Saat ini kami membersihkan rumah pak bupati. Karena terdampak banjir. Bagian yang kemasukan banjir di ruang tamu, ruang keluarga lantai satu, kamar-kamar, dan dapur," kata salah seorang relawan, Riky saat dikonfirmasi detikcom, Senin (17/1/2022).

Untuk keluarga bupati, kata Riki, mengungsi di lantai dua rumahnya.

"Sejumlah barang-barang berharga sudah diamankan. Ada yang sebagian dipindah ke lantai dua. Terkait dampak banjir kata pak bupati bencana tahunan dan memang rumahnya sering terdampak banjir," kata Riky.

Dua unit truk damkar dan penyelamatan Pemkab Jember juga diterjunkan di lokasi terdampak banjir rumah bupati. Truk damkar itu ikut membantu membersihkan bekas lumpur yang ikut terbawa banjir di rumah bupati.

"Atas petunjuk pimpinan kita ke lokasi rumah pak bupati. Kita terjunkan dua unit truk damkar ke lokasi bencana," kata Koordinator Regu A Mako Pemkab Jember Bambang Mulyono saat dikonfirmasi terpisah.

Pembersihan yang dilakukan, kata Bambang, terkait dampak banjir yakni bekas lumpur yang terbawa air.

"Lumpurnya yang banyak. Ini dibersihkan. Terutama wilayah bangunan lantai satu," tandasnya. (iwd/iwd)