Rumah Warga Trenggalek Jebol Dihantam Longsor Tebing Setinggi 4 Meter

Adhar Muttaqien - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 21:05 WIB
longsor di trenggalek
Rumah warga yang tertimpa longsor tebing 4 meter (Foto: Adhar Muttaqien)
Trenggalek - Tingginya intensitas curah hujan di Trenggalek mengakibatkan longsor di Kecamatan Bendungan. Akibatnya salah satu rumah warga jebol tertimpa tebing longsor setinggi empat meter.

Kapolsek Bendungan AKP Bambang Dwiyanto mengatakan tanah longsor menimpa rumah Endiono di Dusun Pager, Desa Srabah, Kecamatan Bendungan, Trenggalek, pada Senin (17/1/2022) sore.

"Kejadian bermula dari hujan deras sejak pukul 14.00 WIB, kondisi tersebut membuat struktur tebing 4 meter yang ada di belakang rumah Endiono labil dan longsor. Kalau longsornya sekitar pukul 15.00 WIB, saat masih hujan," kata Bambang Dwi.

longsor di trenggalekFoto: Adhar Muttaqien

Akibat kejadian tersebut dinding di bagian belakang rumah korban jebol dan menimpa sejumlah perabot rumah tangga. Namun pihaknya memastikan kejadian itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka.

Bambang menambahkan, rencananya proses pembersihan material longsor akan dilakukan pada Selasa besok dengan sistem gotong royong bersama masyarakat sekitar.

"Wilayah pegunungan sini memang cukup rawan longsor, karena banyak bangunan yang mepet dengan tebing. Sedangkan tebing yang ada di sekitar rumah itu tingkat kemiringannya cukup ekstrem," jelas Bambang.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, guna meminimalisir risiko bencana. Mengingat selama beberapa hari terakhir instensitas hujan di Trenggalek cukup tinggi. (iwd/iwd)