Mesin GTO Tersambar Petir, Lalin Tol Probolinggo Barat Sempat Macet

M Rofiq - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 19:54 WIB
Gerbang Tol di Probolinggo Tersambar Petir, Arus Lalin Sempat Macet
Mesin GTO tersambar petir (Foto: M Rofiq/detikcom)
Surabaya - Kemacetan panjang sempat terjadi di exit Tol Probolinggo Barat. Itu karena mesin Gerbang Tol Otomatis (GTO) yang berjumlah 6 unit tak berfungsi usai tersambar petir.

Pantauan di lokasi pukul 18.25 WIB, kemacetan hingga 1 KM. Kemacetan baru terurai saat petugas membuka secara manual satu GTO. Sedangkan sisanya langsung dilakukan perbaikan.

"Iya informasinya rusak karena kena petir," kata Abdul Azis, pengawas tol Exit Tol Probolinggo Barat kepada detikcom di lokasi, Senin (17/1/2022).

Menurut Azis, GTO yang rusak karena tersambar petir terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Mengetahui rusak dan menyebabkan kemacetan, pihaknya langsung menerjunkan teknisi untuk memperbaiki GTO.

"Sekarang masih proses perbaikan. Untuk sementara satu gerbang dibuka secara manual," ujar Azis.

Dia menambahkan perbaikan memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Setelah itu mesin GTO kembali bisa dipergunakan lagi.

Selain gerbang tol, lanjut Azis, kemacetan juga terpantau di exit tol Probolinggo Timur. Hal itu karena ada satu pohon tumbang dan melintang di jalan.

"Kemacetan juga terjadi di exit Tol Probolinggo Timur karena ada pohon tumbang melintang di jalan. Tapi sekarang sudah dievakuasi dan lalin sudah lancar," terang Azis.

Sementara usai dibuka satu GTO, kendaraan yang tadinya tidak bergerak keluar tol, perlahan mulai terurai. Sedangkan petugas dari Patroli Jalan Raya dan Lantas saat ini telah diterjunkan untuk mengatur arus.

"Tadi memang sempat terjadi penumpukan arus lalu lintas karena gerbang terkena petir. Namun kini arus lalin sudah pulih kembali karena kini dua gerbang telah dibuka," kata Kasat Lantas Polres Kota Probolinggo, AKP Roni Faslah. (fat/fat)