Warga Kota Malang Terpapar Omicron, Sutiaji Sebut Sudah Sembuh

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 19:11 WIB
Wali Kota Malang, Sutiaji
Wali Kota Malang Sutiaji (Foto file: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang - Satu warga Kota Malang diduga terpapar COVID-19 varian Omicron. Setelah menjalani isolasi mandiri, warga berjenis kelamin laki-laki itu telah sembuh.

"Jadi ada (Omicron), tapi sudah sembuh," kata Wali Kota Malang, Sutiaji kepada wartawan di Balai Kota Malang Jalan Tugu, Senin (17/1/2022).

Sutiaji mengaku, pasien tersebut mulanya dirilis oleh Pemprov Jawa Timur sebagai salah satu warga yang terpapar Omicron. Hal itu berdasarkan tes WPS (Whole Genome Sequencing) yang dikirimkan.

"Tes WGS ternyata memang Omicron, tetapi pasiennya sudah negatif dari dua kali tes PCR. Pasien ini melakukan isolasi mandiri dan tidak kemana-mana," ungkapnya.

Sutiaji mengaku, warga tersebut memang memiliki riwayat perjalanan cukup tinggi. Terakhir, tercatat pernah berkunjung ke Pulau Bali.

"Memang perjalanannya dia cukup tinggi dia ke Bali terakhir dari Bali dia. Waktu itu istrinya tidak kena, kami sudah melacak pergerakan mereka yang berkaitan dengan kasus di Singosari itu," akunya.

Menurut Sutiaji, warga terpapar Omicron dan kini telah sembuh itu, sempat menempati rumah orang tuanya di wilayah Kota Malang. Pelacakan melalui tracing dan testing terhadap orang-orang yang memiliki kontak erat sudah dilakukan oleh Puskesmas Mojolangu.

"Dia ini warga luar Kota Malang. Tapi dia menempati rumah orang tuanya di Kota Malang. Sehingga sudah dilakukan tracing oleh Puskesmas Mojolangu dan perjalanannya orang ini, di tiga titik sudah di tracing semua. Maka tadi saya kumpulkan tracing nya sampai sekarang belum ada indikasi ke sana (Omicron)," tegas Sutiaji.

Sama halnya dengan istrinya warga Singosari yang kini terpapar Omicron. Warga Kota Malang disebut Sutiaji merupakan orang tanpa gejala atau OTG. "Sama, ini juga tanpa gejala. Tapi sekarang sudah sembuh," tandasnya.

Penguatan PPKM Mikro tingkat RT/RW akan digencarkan Pemkot Malang sebagai upaya mencegah sebaran virus Omicron di Kota Malang.

"Makanya kami kuatkan PPKM Mikro tingkat RT, untuk mencegah sebaran virus. Tadi sudah saya kumpulkan Lurah untuk melakukan itu," pungkasnya.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur menyebut ada satu warga Kota Malang terpapar Omicron. Dia merupakan lelaki berusia 40 tahun. (fat/fat)