Probolinggo Diguyur Hujan Deras, Banjir-Pohon Tumbang di Sejumlah Wilayah

M Rofiq - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 18:03 WIB
banjir di probolinggo dan pohon tumbang
Banjir di Probolinggo (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo - Hujan deras disertai angin menerjang Kabupaten dan Kota di Probolinggo. Akibatnya sejumlah pohon tumbang dan sejumlah titik jalan terendam banjir. Ketinggian banjir di Probolinggo bervariasi mulai 30 cm.

Pantauan di lokasi, sejumlah jalan yang terendam banjir ada di Jalan Soekarno Hatta depan pabrik Eratex, Jalan Siaman, Jalan Cut Nyak Dien, Jalan KH Abd Hamid hingga jalan menuju Taman Makan Pahlawan. Sedangkan pohon yang roboh ada di tiga titik berada di Desa Patalan.

Buradianto, salah satu perangkat Desa Tanjung Rejo menjelaskan banjir yang merendam sejumlah jalan dikarenakan derasnya hujan turun selama 2 jam. Mulai pukul 15.30 WIB-17.30 WIB. Akibatnya, tak hanya jalan-jalan yang tergenang, kawasan perkampungan dan sawah juga banjir.

"Hujan deras selama 2 jam, membuat volume air tinggi dan sejumlah sungai tidak mampu menampung debit air, air meluber ke perkampungan, jalan desa dan persawahan," jelas Buradianto saat dikonfirmasi, Senin (17/1/2022).

Hal senada diungkapkan Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetya menyebut banjir dan pohon tumbang memang diakibatkan derasnya hujan dan angin kencang. Dia mengimbau kepada warga tetap waspada dengan kondisi ini.

"Akibat hujan deras disertai angin sejumlah jalan tergenang air hujan, karena saat ini air laut sedang pasang, dan ada sejumlah titik pohon tumbang, anggota BPBD Kota Probolinggo, sedang ke lokasi pohon tumbang untuk memotong pohong yang melintang di tengah jalan, agar aktivitas dan lalu lintas tidak terganggu, kami imbau warga estra hati-hati di saat hujan deras disertai angin, lebih baik berhenti dan berteduh di tempat aman, kalau tidak jangan keluar," tegas Sugito, saat dihubungi.

Dampak hujan dan banjir, petugas Satlantas Polres Probolinggo dan kota turut diterjunkan. Para petugas ini diterjunkan untuk mengatur arus lalu lintas. (fat/fat)