Verifikasi H-1 Musda Demokrat Jatim, Berkas Dukungan Bayu Airlangga Tak Disoal

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 20:25 WIB
demokrat jatim
Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Musda DPD Partai Demokrat Jatim untuk memilih ketua dan pengurus baru periode 2021-2026, hingga kini belum jelas kapan akan dilaksanakan. Deputi II BPOKK Partai Demokrat Jemmy Setiawan mengatakan jadwal Musda untuk Demokrat Jatim belum keluar.

"Jadi jadwal Musda untuk Jatim masih belum ada. DPP Minggu ini baru menjadwalkan untuk Provinsi Lampung," kata Jemmy kepada detikcom, Senin (25/10/2021).

Jemmy mengungkapkan DPP masih memastikan kesiapan daerah, khususnya di Jatim untuk melaksanakan Musda. Untuk provinsi yang belum menggelar Musda akan dijadwalkan antara November-Desember 2021, atau bahkan awal tahun 2022.

Jemmy mengatakan apa yang dilakukan Bayu Airlangga menyerahkan berkas dukungan DPC ke DPP boleh-boleh saja. DPC boleh mengeluarkan berkas dukungan, namun proses verifikasi akan dilakukan H-1 Musda.

"Status dukungannya belum diverifikasi, saya belum lihat dokumennya. Setiap kader, anggota partai berhak untuk mencalonkan diri, dengan syarat 20 persen minimal syarat dukungan. Boleh-boleh saja bakal calon menyerahkan dukungan ke DPP," terangnya.

"Itu form dukungan dari DPC, masing-masing DPC boleh mengeluarkan form, dari DPP (bidang) OKK boleh, gak dipersoalkan kok. Nanti diverifikasi, apakah anda Ketua DPC ini, SK-nya mana. Kita terima pendaftarannya, keabsahannya nanti diperiksa pas pra-Musda, nanti ada berita acaranya," sambungnya.

Sekretaris BPOKK DPP Demokrat, Rocky Amu mengatakan pihaknya telah menyampaikan aspirasi DPC di Jatim yang merupakan pendukung Bayu Airlangga, agar Musda partai segera digelar.

"Sampai saat ini belum ada jadwal, tapi memang ada aspirasi DPC pendukung Mas Bayu Airlangga. Itu yang kami sampaikan ke pimpinan, soal diterima atau tidak itu terserah pimpinan, yang jelas kami sampaikan," ungkapnya.

Senada dengan Jemmy, Rocky mengatakan jadwal Musda Demokrat Jatim belum ditentukan. Penjadwalan Musda sendiri, harus diawali permohonan DPD Demokrat terkait yang ditandatangani Ketua dan Sekretaris.

"Setelah itu, resminya pendaftaran setelah ditetapkan penjadwalan musda. Dan penyerahan berkas (dukungan) tersebut nanti keabsahannya akan diverifikasi, biasanya H-1 Musda digelar," katanya.

"DPP menerima berkas pernyataan dukungan yang diserahkan Mas Bayu, kami catat, kami file kan, dan proses verifikasi h-1 sebelum pelaksanaan Musda," tandasnya.

Sebelumnya diketahui, Plt Sekretaris DPD Demokrat Jatim Bayu Airlangga menyerahkan berkas dukungan ke DPP pada Selasa (19/10). Berkas itu berisi dukungan 30 DPC kepada dirinya untuk maju sebagai bakal calon ketua DPD Demokrat Jatim periode 2021-2026.

(iwd/iwd)