Vaksin Booster Habis, Pemkot Surabaya Tunggu Kiriman Lagi

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 17:58 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi/Foto: Esti Widiyana
Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan, target vaksinasi booster untuk lansia yang ber-KTP Surabaya sebanyak 80.747. Vaksinasi juga dilakukan secara bertahap sesuai dengan stok vaksin.

"Berdasarkan data vaksin per Jumat, 14 Januari 2022, sudah menyasar 15.288 lansia atau sekitar 6,07 persen. Hari ini jenis vaksin Pfizer tinggal 2.000 dosis vaksin dan sudah habis untuk vaksin booster. Stok yang masih ada adalah jenis vaksin Sinovac untuk vaksin dosis satu dan dua," kata Eri dalam keterangan yang diterima detikcom, (16/1/2021).

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini menyampaikan, saat ini pihaknya sedang menunggu kiriman vaksin booster dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Pusat.

"Artinya ini sudah habis, karena untuk booster hanya bisa jenis vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca. Untuk vaksin booster, ketersediaan masih menunggu dropping alokasi dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat," Lanjut Eri.

Eri menambahkan, ketersediaan vaksin untuk dosis satu dan dua di Kota Surabaya cukup aman. Yakni sebanyak 11.000 dosis vaksin dengan jenis Sinovac.

"Tapi booster ketiga tidak. Kalau hari ini terkirim lagi maka kita bisa lakukan vaksinasi (booster) pada Hari Senin. Sedangkan pelaksanaan vaksin booster untuk masyarakat umum masih menunggu surat edaran resmi dan petunjuk teknis dari Kemenkes RI," pungkas Eri. (sun/sun)