7 Kasus Omicron Baru di Jatim dari Transmisi Lokal

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 12:52 WIB
COVID-19 varian Omicron di Jatim bertambah 7 menjadi 8 kasus. Dinkes Jatim menyebut, 7 kasus baru merupakan transmisi lokal.
Kadinkes Jatim Dr Erwin Astha Triyono/Foto: Faiq Azmi/detikcom
Surabaya - COVID-19 varian Omicron di Jatim bertambah 7 menjadi 8 kasus. Dinkes Jatim menyebut, 7 kasus baru merupakan transmisi lokal.

"Semuanya transmisi lokal, termasuk satu kasus yang sebelumnya. Jadi 8 kasus Omicron di Jatim ini tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri," kata Kadinkes Jatim Dr Erwin Astha Triyono saat konferensi pers perkembangan varian Omicron di Jatim, Minggu (16/1/2022).

Erwin membeberkan, dalam 7 kasus Omicron baru di Jatim, ada transmisi lokal dari Jakarta. Sebab, beberapa pasien diketahui baru saja melakukan perjalanan dari Jakarta.

"Banyak perjalanan dari Jakarta, meski tidak semuanya. Ada perjalanan lokal, tapi tetap kita gali ulang. Beberapa dari 7 kasus itu dari Jakarta," jelasnya.

Erwin juga menyatakan, Satgas COVID-19 Jatim akan terus melakukan tracing kepada kontak erat pasien yang terpapar Omicron.

"Kita terus lakukan 3T, tracing, testing, dan treatment. Kami Pemprov Jatim mendorong masyarakat tetap waspada, tapi jangan panik. 3T kunci terbaik, masyarakat jangan takut di-tracing untuk kebaikan bersama, menemukan kasus lebih awal. Pemprov juga terus melakukan percepatan vaksinasi, sekarang sudah ada vaksin anak, juga booster," pungkasnya.

Simak Video 'DPR Minta Pemerintah Gencarkan Sosialisasi Soal Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/sun)