Kronologi Warga Madiun Terdeteksi Omicron, Sempat Demam-Flu 5 Hari

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 07:15 WIB
Lima warga di Kecamatan Wungu dievakuasi ke RSUD Dolopo Madiun. Satu keluarga itu dirujuk dari Puskesmas Wungu oleh petugas yang mengenakan alat pelindung diri (APD) corona.
RSUD Dolopo (Foto file: Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun - Seorang warga Madiun berinisial S (25) terdeteksi positif COVID-19 varian Omicron sesudah pulang dari Hong Kong sebagai Tenga Kerja Wanita (TKW). Pasien tersebut pulang ke tanah air karena akan menggelar acara pernikahan.

Humas Pemkab Madiun, Mashudi menjelaskan bagaimana pasien asal Desa Ngraget, Kecamatan Dagangan itu terdeteksi varian Omicron. Menurutnya pasien tersebut sempat menjalani karantina di Wisma Atlet di Jakarta setelah dari Hongkong.

Setelah menjalani karantina selama 14 hari, pasien kemudian menjalani tes PCR dengan hasil negatif. Pasien kemudian baru diperbolehkan pulang dan tiba di Madiun pada 1 Januari 2022.

"Infonya begitu pulang dari Hong Kong ingin menikah. Sebelumnya sudah karantina 14 hari di wisma atlet Jakarta, pulang sudah positif COVID-19 varian omicron," kata Mashudi, Minggu (16/1/2022).

Namun pada tanggal 3 Januari, lanjut Mashudi, pasien merasakan demam disertai flu. Karena mengalami hal itu, pasien sempat membeli obat flu dan diminum. Karena tak kunjung membaik, pasien kemudian memeriksakan diri ke puskesmas setempat dan terdeteksi positif varian Omicron.

"Tanggal 7 Januari pasien pemeriksaan di Puskesmas terdekat dengan hasil positif dan berlanjut cek di salah satu laboratorium dengan hasil sana positif," terang Mashudi.

Mengetahui hal itu, pasien kemudian dirawat di RSUD Dolopo pada esok harinya. Saat ini, petugas tengah mengawasi ketat keluarga dan orang yang sempat kontak erat dengan pasien.

'Kita pengawasan ketat kepada semua kontak erat di RT tempat tinggal pasien termasuk orang tuanya," tandas Mashudi.

Simak juga 'Micro Lockdown di Krukut, Lurah Jelaskan Kondisi Warga Terpapar Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)