Ini Cara Warga Kota Malang Dapatkan Vaksin Booster

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 16:45 WIB
Puluhan Lansia Dapat Vaksin Booster Perdana di Kota Malang
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Pemberian vaksin booster COVID-19 dimulai di Kota Malang. Vaksin akan diberikan secara gratis. Lantas bagaimana untuk warga lainnya.

Vaksin booster gelombang pertama dimulai pada hari ini, dengan sasaran warga lanjut usia. Nantinya, vaksin gelombang berikutnya akan di mulai pekan depan.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang dr. Husnul Muarif mengungkapkan, berdasarkan petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ada dua sasaran masyarakat yang berhak menerima vaksin booster.

Dimana dari kriteria tersebut seluruh penerimanya tidak dipungut biaya atau gratis. "Kriterianya sudah masuk di Juknis Kementerian Kesehatan untuk Januari yakni lansia dan masyarakat rentan. Jadi Senin besok sudah kita laksanakan di Faskes (fasilitas kesehatan). Targetnya tergantung dari ketersediaan vaksin," ucap Husnul saat ditemui usai penyuntikan vaksin booster di mini block office Balai Kota Malang, Kamis (13/1/2022).

Menurut Husnul, penyuntikan vaksin booster kedepan akan dilakukan di sejumlah fasilitas kesehatan di Kota Malang. Yang berjumlah sebanyak 16 puskesmas, 20 rumah sakit, dan 45 klinik.

Warga dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh kementerian bakal menerima suntikan vaksin booster jenis Pfizer dan Astrazeneca.

"Kalau skenario awal nanti kita jadwalkan, warga yang sudah dosis satu dan dua itu kembali ke faskes semula untuk melaksanakan dosis ketiga. Untuk Januari itu hanya dua itu saja kategorinya. Masyarakat rentan dan lansia khusus pada Januari, masyarakat lainnya itu nanti menunggu regulasi berikutnya setelah Januari," bebernya.