Puncak Omicron Februari, Surabaya Aktifkan Kembali Kampung Wani Jogo Suroboyo

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 08:10 WIB
Kasus Covid Omicron di Indonesia Kini Jadi 46, Ini 5 Kabar Terbarunya
Foto: BBC Magazine
Surabaya - Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan puncak Omicron terjadi awal Februari. Untuk mengantisipasi hal ini, polisi bersama TNI dan Pemkot Surabaya akan mengaktifkan kembali Kampung Wani Jogo Suroboyo.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan melalui Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo mengatakan pihaknya memiliki sejumlah antisipasi dan pencegahan Omicron di Surabaya hingga tingkat mikro.

"Kami membantu pemerintah dan Satgas COVID-19 kota untuk mempersiapkan kesiapan RS rujukan dan tempat isolasi terpusat, mengaktifkan kembali pencegahan di tingkat mikro melalui Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo dan tetap melaksanakan pengawasan pelaksanaan prokes di masyarakat melalui 5M, melakukan operasi yustisi," ungkap Hartoyo kepada detikcom, Kamis (13/1/2022).

Hartoyo menambahkan, Polri bersama TNI juga akan membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun. Ini agar mereka segera mendapatkan dosis lengkap.

"Untuk capaian vaksinasi lansia sudah 100 persen dosis 1 dan mendekati 100 persen dosis 2, vaksinasi remaja dosis 1 dan dosis 2 sudah100 persen," ungkap Hartoyo.

Tak hanya itu, pihaknya bersama TNI dan stakeholder akan melakukan pengawasan karantina Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang rencananya akan tiba melalui Bandara Juanda. Polri akan memastikan proses karantina sesuai prosedur.

"Polrestabes Surabaya bersama-sama TNI membantu pelaksanaan testing dan tracing secara maksimal melalui tim tracer Polri. Kami akan memastikan ruang-ruang publik menggunakan aplikasi pedulindungi dengan baik dan benar," pungkasnya. (fat/fat)