Ular Sanca Terciduk Ekskavator Saat Bersihkan Sampah Sungai di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 18:14 WIB
ular sanca di pasuruan
Ular sanca 3 meter yang terangkut ekskavator (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Seekor ular Sanca Kembang terciduk ekskavator yang digunakan membersihkan sampah sungai di Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Ular sepanjang lebih dari 3 meter itu terangkat ekskavator bercampur sampah kayu.

"Warga sempat geger dan takut saat tahu ada ular tersangkut," kata Lugas, warga yang ikut membersihkan sampah sungai, Selasa (11/1/2022).

Lugas menceritakan ular tersebut terciduk ekskavator yang sedang digunakan petugas Dinas PU SDA Kabupaten Pasuruan membersihkan tumpukan sampah yang tersangkut di Jembatan Magersari, Senin kemarin. Selain petugas, puluhan warga ikut membantu membersihkan sampah.

ular sanca di pasuruanUlar sanca yang terciduk ekskavator di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)

Saat ekskavator mengeruk sampah di sungai dan memindahkannya ke tepi, warga melihat seekor ular besar di antara sampah kayu. Warga yang berada di lokasi heboh.

Ular itu kemudian ditangkap dan dimasukkan ke karung. "Ular itu kemudian saya bawa, saya diamankan," terang Lugas.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris mengatakan pembersihan sampah untuk memperlancar arus sungai. Penemuan ular sanca itu sedikit membuat petugas dan warga kaget.

"Kita tak sengaja menemukan ular di tumpukkan sampah. Untung relawan dan masyarakat nggak apa-apa. Ular sudah diamankan di salah satu warga," terang Harris.

Sebelumnya ini, ular sejenis kerap ditemukan warga di sungai-sungai besar di Pasuruan. Ular tersebut muncul saat debit air sungai tinggi. (iwd/iwd)