Berkas Sudah P21, Tubagus Joddy Dilimpahkan ke Kejaksaan

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 13:10 WIB
polda jatim
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Berkas perkara kasus kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya telah dinyatakan lengkap atau P21 oleh kejaksaan. Polisi akan melimpahkan berkas tahap dua yakni, barang bukti dan tersangka sopir Vanessa, Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya.

"Hari ini rencananya berkas tahap dua, yakni tersangka beserta barang bukti akan dilimpahkan ke kejaksaan. Seperti BB (barang bukti) kendaraan, beberapa yang menjadi bukti, seperti alat komunikasi dan lain-lain," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Seni. (10/1/2022).

Gatot mengatakan berkas perkara tahap 1 sebenarnya telah dilimpahkan Polres Jombang ke kejaksaan sejak 23 November 2021 lalu, Namun, berkas ini sempat dinyatakan belum lengkap atau P19.

Hal ini karena penyidik saat itu belum menerima hasil pemeriksaan electronic control unit (ECU) dari agen tunggal pemegang merk (ATPM). Di mana ECU mobil memiliki fungsi merekam data kendaraan seperti black box di pesawat.

"Yaitu yang ramai diperbincangkan bahwa ada black box. Itu alat elektronik yang sudah dikirim ke Jepang dan akhirnya sudah mendapatkan laporannya pada 23 Desember 2021," tambah Gatot.

Setelah menerima laporan black box tersebut, kemudian pada tanggal 27 Desember, penyidik dari lalu lintas Polres Jombang melakukan pemeriksaan kepada ATPM dan berkasnya dikirim kembali ke kejaksaan tanggal 5 Januari. Akhirnya, berkas tersebut dinyatakan lengkap atau P21.

Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Nur Hidayat menyampaikan pihaknya telah mendapat persetujuan dari tersangka, Joddy untuk menunjuk kuasa hukum dari negara.

"Untuk kuasa hukum kami menunjuk dan sudah dengan persetujuan yang bersangkutan (tersangka)," pungkasnya. (hil/iwd)