Sopir Truk Ini Dihukum Hormat Merah Putih Gegara Terbalik Pasang Bendera

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 18:09 WIB
dihukum hormat karena salah pasang bendera
Sopir dan kenek dihukum gegara salah pasang bendera (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Sopir dan kenek truk di Banyuwangi dihukum hormat bendera setelah salah memasang bendera merah putih. Sanksi ini menyusul video truk dengan bendera merah putih terbalik yang viral di media sosial.

Dalam video tersebut, nampak kendaraan truk Isuzu Elf Nopol DK 8379 ME melintas ke arah pantai Blimbingsari. Namun ada penampakan aneh pada bak truk tersebut. Nampak bendera merah putih di bagian bak depan terpasang tidak sebagaimana mestinya.

Bendera negara Indonesia ini terpasang terbalik, di mana warna putihnya berada di atas sementara warna merah di bawah.

Atas kejadian ini, Koramil 0825/12 Rogojampi langsung bertindak cepat. Berbekal informasi masyarakat, Babinsa Desa Blimbingsari langsung melakukan penelusuran pemilik kendaraan truk tersebut.

dihukum hormat karena salah pasang benderaFoto: Ardian Fanani

Rupanya, pemasang bendera merah putih terbalik itu ialah Faisal Pratama (20), warga Dusun Krajan, Desa Bomo Kecamatan Blimbingsari. Kejadian tersebut terjadi saat Faisal pulang ke Desa Bomo setelah mengikuti acara kopdar PPM (Paguyuban Pekerja Material Banyuwangi).

Karena video tersebut sudah meresahkan warga, Koramil 0825/12 Rogojampi langsung memanggil Faisal Pratama untuk dimintai keterangan.

Ia pun memenuhi panggilan tersebut didampingi sopir truk beserta koordinator kegiatan. Dalam kesempatan tersebut, mereka mengakui kesalahan dan meminta maaf atas pemasangan bendera merah putih terbalik itu. Mereka kemudian dihukum hormat kepada bendera merah putih.

"Tadi jam 09.30 WIB sudah kita panggil semua, baik pemasang bendera maupun sopir truk dan koordinator kegiatan," kata Danramil 0825/12 Rogojampi Kapten Inf Misdari.

"Mereka mengakui kesalahan dan sudah meminta maaf kepada masyarakat atas kesalahan tersebut," tambahnya.

Oleh sebab itulah, Misdari mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarluaskan kembali video bendera merah putih terbalik tersebut.

"Pengakuan mereka, mereka tidak sengaja memasang terbalik bendera merah putih yang menjadi lambang negara Indonesia ini," tutupnya.

Simak juga 'Penjelasan Kadis Belitung Timur soal Bendera Indonesia Berkibar Terbalik':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)