20-an Hiu Tutul Ramaikan Perairan Probolinggo Sepekan Terakhir

20-an Hiu Tutul Ramaikan Perairan Probolinggo Sepekan Terakhir

M Rofiq - detikNews
Sabtu, 08 Jan 2022 17:26 WIB
Probolinggo - Puluhan kawanan hiu tutul atau whale shark muncul di Perairan Utara Probolinggo. Kawanan hiu ini muncul dalam sepekan terakhir.

Potret kawanan hiu ini sempat diabadikan Budiono (45), nelayan di Desa Dringu, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Kepada detikcom, Budiono memperlihatkan foto kawanan hiu tutul di sepanjang perairan Dringu.

Sekilas, hiu tutul tampak bersahabat dengan nelayan sekitar. Hal ini terlihat kala kapal yang dinaiki Budiono berjalan pelan, sementara di sebelah kanan dan kiri banyak kawanan hiu tutul tengah sibuk bermain hingga mencari makan.

hiu tutul di perairan probolinggoHiu tutul di perairan Probolinggo (Foto: M Rofiq)

Ada pula dua hiu tutul berukuran sekitar 2,5 sampai 3 meter dengan bobot yang bisa mencapai 1 ton. Keduanya juga terlihat mencari makanan di sekitar pantai.

Menurut Budiono, kondisi perairan Probolinggo Raya pada bulan Desember hingga awal Maret ini hangat, apa lagi usai diguyur hujan. Hal ini diyakini yang membuat kawanan whale shark betah berenang di sekitar sini.

Tak hanya itu, Budiono menyebut dua pekan lalu masih terlihat hiu tutul sekitar tiga sampai lima ekor. Namun kini jumlahnya bisa mencapai 20 ekor dan akan terus berenang selama musim penghujan yang masih terjadi di wilayah Probolinggo.

"Di perairan Dringu, saat ini telah muncul banyak hiu tutul, kemarin-kemarin hanya tiga sampai lima ekor, sekarang lebih dari 20 ekor kawanan hiu tutul berenang, kawanan hiu tutul berenang jaraknya dari kita sandar di Perairan Dringu perkiraan 1 kilometer, hingga saat hiu tutul baik baik saja, dan sudah jauh dari daratan," ujar Budiono, saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (8/1/2022).

Diketahui, perairan utara Probolinggo atau di sekitar Selat Madura memiliki suhu air laut yang hangat. Di sini juga berlimpah plankton, makanan kesukaan hiu. Sehingga setiap tahun di musim penghujan, kawanan hiu tutul akan bermigrasi ke perairan Jawa. (iwd/iwd)