Mobil Tertabrak KA Lalu Terlempar 25 Meter di Blitar, Pengemudi Selamat

Erliana Riady - detikNews
Sabtu, 08 Jan 2022 16:58 WIB
mobil tertabrak kereta api
Mobil yang tertabrak kereta api (Foto: Erliana Riady)
Blitar - Sebuah mobil berputar 180 derajat ketika tertabrak KA Matarmaja. Walaupun bagian depan dan belakang mobil rusak parah, namun penumpangnya selamat.

Kecelakaan ini terjadi di lintasan sebidang di wilayah Desa Pasirharjo Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Sekitar pukul 11.00 WIB, Gito (48) sedang mengendarai mobil Honda Jazz AG 1624 PU dari arah selatan menuju ke utara.

Di saat bersamaan, melintas dari timur ke barat KA Matarmaja dengan nomor lokomotif CC2018322. Menurut keterangan Kapolsek Talun AKP Imam Subechi posisi bagian depan mobil baru masuk rel.

mobil tertabrak kereta apiFoto: Erliana Riady

"Ujung kanan mobil ketemper, lalu berputar 180 derajat. Sehingga ganti bagian belakang mobil yang kena kereta. Karena benturan sangat keras dan terseret, mobil lalu terlempar sekitar 25 meter ke arah selatan rel," ujar Imam saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (8/1/2022).

Beruntungnya, Gito yang berada di kursi sopir hanya mengalami benturan kepala di dashboard. Sehingga ketika posisi mobilnya sudah aman, dia bisa keluar mobil sendiri dan langsung ditolong warga sekitar. Rumah Gito sendiri, berada di selatan lintasan KA tak berpalang itu.

"Pengemudi selamat dan tidak terluka parah. Namun kalau dilihat kerusakan mobilnya, diperkirakan kerugiannya sekitar Rp 50 juta. Kami menduga, sopir melamun ketika melintasi rel kereta," terang Bechi.

Sementara beberapa warga sekitar lokasi kejadian mengatakan, lampu dan sirine penanda KA lewat sudah lama tak berfungsi. Hal ini juga dibenarkan Kades Pasirharjo, Chusana.

"Sekitar enam bulan lampu dan sirine itu tidak berfungsi. Kami sudah bolak balik lapor Dishub Pemkab Blitar dan Polsus KA. Namun katanya, perbaikan sarana disini merupakan tanggung jawab Dishub Pemprov Jatim," pungkasnya.

Lihat juga video 'Mini Bus Tabrak Truk di Tol Cipularang, 1 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)