Dor! Polisi Lumpuhkan Dua Jambret yang Resahkan Warga Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 18:45 WIB
jambret di surabaya
Dua jambret di Surabaya yang ditangkap tak lama setelah beraksi (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Polisi meringkus dua penjambret yang meresahkan warga Surabaya. Saat hendak ditangkap, kedua pelaku mencoba kabur hingga dilumpuhkan dengan tembakan. Keduanya ditangkap enam jam usai melakukan aksinya.

Kedua tersangka adalah IN (24) dan FA (19), keduanya warga Surabaya. Salah satu pelaku berinisial IN ialah residivis kasus yang sama. Kedua pelaku ini diringkus Unit Reskrim Polsek Sawahan di Jalan Putat Jaya, Surabaya, pada Senin (5/1) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapolsek Sawahan Kompol Risky Fardian mengatakan penangkapan kedua tersangka berawal dari laporan wanita korban penjambretan. Wanita tersebut dijambret di Jalan Kinibalu, Kelurahan Petemon pada Senin pukul 09.00 WIB. Setelah itu, petugas langsung melakukan serangkaian penyelidikan.

"Setelah mendapatkan laporan oleh korban kemudian opsnal lakukan Cek TKP didapati rekaman CCTV yang menyorot ke tersangka dengan ciri-cirinya, kemudian kami melakukan pengejaran," kata Risky saat dikonfirmasi, Kamis (6/1/2022).

Risky menambahkan setelah mendapatkan ciri-ciri pelaku, pihaknya melihat keduanya berada di Jalan Putat Jaya. Saat itu, kedua pelaku mengendarai roda dua dan melawan arus.

"Alhamdulillah, kurang 1x24 jam, para pelaku bisa kami amankan," ujar Risky.

Petugas langsung meminta keduanya berhenti dengan memberi tembakan peringatan. Namun, bukannya berhenti, kedua pelaku hampir saja menabrak petugas. Setelah dilumpuhkan oleh petugas, pelaku kemudian di bawa ke Polsek Sawahan.

"Kedua tersangka berputar-putar mencari sasaran yang membawa tas slempang dan dalam keadaan sepi," ujar Risky.

Dari hasil identifikasi petugas, kedua pelaku sudah lima kali melakukan aksi jambret di Surabaya dan terakhir kali ditangkap oleh polisi. Dalam kasus ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti yakni rekaman CCTV, sebuah handphone, satu motor dan uang senilai Rp 700 ribu. (iwd/iwd)