Jambret Sejumlah TKP di Tulungagung yang Aksinya Terekam CCTV Diringkus

Adhar Muttaqien - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 21:09 WIB
jambret di tulungagung
Saat korban terjatuh akibat dijambret (Foto: Tangkapan layar)
Tulungagung - Polisi menangkap seorang pelaku jambret yang telah beraksi di sejumlah lokasi. Aksi pelaku sempat terekam kamera pengawas atau CCTV saat berusaha menjambret pengendara motor.

Kapolsek Tulungagung Kota Kompol Rudi Purwanto mengatakan pelaku adalah MJD (44), warga Campurdarat, Tulungagung. Polisi juga turut mengamankan barang bukti kalung emas, sepeda motor, dan kotak HP.

"Pelaku kami tangkap saat di Pasar Ngemplak, Tulungagung. Dia ini residivis yang sudah beberapa kali berurusan dengan polisi dalam kasus yang sama," kata Rudi kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Di Tulungagung, pelaku diduga telah beraksi di dua lokasi, yakni di Jalan Diponegoro pada 3 Desember 2021 dan di Jalan Supriyadi, Kelurahan Tamanan pada Selasa kemarin.

Rudi menambahkan pengungkapan aksi penjambretan ini berawal dari laporan dua korban kejadian di Karangwaru dan Tamanan. Dari laporan itu polisi melakukan langkah penyelidikan, hingga akhirnya mendapat titik terang jika pelaku adalah MJD.

"Para korban ini dompetnya dijambret oleh pelaku beserta HP-nya juga. Dengan bukti-bukti yang sudah kami dapat, akhirnya pelaku berhasil kami amankan saat di Pasar Ngemplak," jelasnya.

Selain di Kecamatan Tulungagung pelaku diduga juga sempat beraksi di jalan raya Desa Mangunsari, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung. Namun aksi itu gagal karena tas korban masih terikat di badan.

Bahkan aksi pelaku di Mangunsari tersebut terekam kamera pengawas yang ada di sekitar lokasi kejadian. Saat itu korban yang dibonceng sepeda motor berhenti, tiba-tiba dari arah belakang muncul pelaku dan langsung menjambret tas korban. Akibatnya korban sempat terjatuh dari sepeda motor, namun tas korban gagal dijambret pelaku.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengakui seluruh perbuatannya. Pelaku ditengarai merupakan spesialis jambret. Sasaran pelaku rata-rata adalah perempuan.

"Saat menjalankan aksinya, MJD selalu menggunakan sepeda motor," imbuhnya.

Akibatnya perbuatannya kini pelaku ditahan di Polsek Tulungagung Kota dan dijerat Pasal 365 junto Pasal 65 KUHP, terkait pencurian dengan kekerasan. (iwd/iwd)