Seorang Pria Diduga Penculik Anak di Surabaya Diamankan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 18:46 WIB
dugaan penculikan anak di surabaya
Lokasi pria diduga penculik anak diamankan warga (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Seorang pria diduga penculik anak diamankan warga di Jalan Sidotopo Wetan. Anak yang dibawa pria itu langsung diselamatkan warga.

Salah satu saksi mata yang juga penjual soto As'at (35) mengatakan kejadian ini berawal pada pukul 14.30 WIB saat ia melihat seorang pria menggendong balita berusia sekitar 1 tahun. Pria itu seperti tak bisa menggendong anak sehingga anak yang digendongnya terus menangis.

As'at yang melihat keanehan itu kemudian bertanya ke pria tersebut. As'at juga menawarinya makan soto. Namun saat ditanya, pria itu memberikan jawaban plin-plan yang membuat As'at makin curiga.

"Pas ketemu, saya kasih makan. Kemudian saya tanya, sampean asli endi (kamu asli mana), dijawab Banyuwangi, kemudian ngomong Jombang. Banyuwangi kok Jombang. Kemudian saya kasih makan soto," kata As'at kepada wartawan di lokasi kejadian, Rabu (5/1/2021).

Saat pria itu makan soto, balita yang dibawanya digendong oleh penjual tisu di samping warung soto milik As'at. Karena terus curiga, As'at kembali menggali informasi ke pria itu.

"Sampean di sini tinggal di mana, dia jawab Rangkah gang buntu. Kemudian Gembong tebasan. Wah gak jelas ini," ujar As'at.

Setelah itu As'at keluar warung untuk melihat kondisi balita yang tengah bersama penjual tisu. Di sana, balita tersebut dikasih makan oleh warga.

"Saya keluar, mbak orang ini kok ngomongnya nggak jelas. Anaknya dikasih makan habis satu piring. Anting-antingnya nggak ada satu," lanjut As'at.

Setelah itu, As'at kembali ke warungnya. Pria itu kemudian minta air minum. Namun saat ditinggal cuci piring, pria itu lari dan meninggalkan anak balitanya.

As'at pun mencoba mengejar pria itu dan berhasil mengamankannya bersama warga lain. Warga lalu membawa pria itu ke SMA yp 17. Di situ, pria tersebut ditindih dengan meja agar tak kabur. Polisi yang dilapori kemudian datang ke lokasi.

"Kemudian saya ajak masuk, saya tanya, sebenarnya ini anak siapa. Dia jawab anaknya istriku. Selanjutnya saya tanya, dia bilang anaknya bibiku, anaknya pamanku. Saya tambah curiga. Kemudian saya kasih tahu baik-baik, kalau bukan anak kamu tolong kembalikan kasihan orang tuanya," ungkap As'at.

Kanit Reskrim Polsek Kenjeran AKP Suryadi saat dikonfirmasi terkait kasus dugaan penculikan tersebut belum merespons.

Lihat juga video 'Diculik Pemulung, Bocah di Sukabumi yang Hilang 46 Hari Ditemukan':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)