Wisatawan Banyak Tak Patuh Prokes Saat di Destinasi Ini

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 01 Jan 2022 19:02 WIB
wisata di banyuwangi
Pengunjung tak taat prokes (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Ribuan pengunjung memadati Wisata Umbul Bening, Glenmore, Banyuwangi. Destinasi wisata pemandian ini banyak di antara pengunjung yang mengabaikan protokol kesehatan. Seperti tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak.

Pantauan detikcom di lapangan, beberapa kolam yang disediakan penuh dengan wisatawan yang berenang. Hampir tidak ada jarak bagi pengunjung di dalam kolam.

"Penuh sekali. Tadi ada rombongan dari Jember katanya. Kolamnya penuh semua," ujar Saifudin warga Genteng kepada wartawan, Sabtu (1/1/2022).

Meski destinasi wisata itu luas, namun beberapa kolam sudah penuh dengan wisatawan. Tidak ada pembatasan pengunjung saat kondisi lokasi sudah penuh.

Padahal, sesuai dengan aturan selama libur Natal dan Tahun Baru, destinasi wisata diperbolehkan beroperasi dengan syarat harus melaksanakan protokol kesehatan ketat serta melakukan pembatasan pengunjung.

Pengelola Wisata Umbul Bening, Nurman Iswandi mengatakan, memang pada hari ini yang bertepatan dengan liburan Tahun Baru 2022, ada peningkatan pengunjung di destinasi wisata yang dikelolanya.

"Iya Alhamdulillah (meningkat). Total pengunjung hingga hingga pukul 14.36 mencapai 3.363 orang," kata Iswandi saat dikonfirmasi wartawan.

Meski ada peningkatan, menurut Iswandi, jumlah kunjungan tersebut dinilainya tidak terlalu padat, mengingat Wisata Umbul Bening memiliki area lahan mencapai 8 hektar.