Ratusan Kendaraan Diputar Balik Saat Jembatan Suramadu Ditutup

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 23:50 WIB
Surabaya - Jembatan Suramadu di malam tahun baru ditutup hingga 1 Januari pukul 05.00 WIB. Ratusan kendaraan yang akan melintas di Jembatan Suramadu diputar balik.

"Mobil 50, bus 7, motor ratusan (yang diputar balik)," kata Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Eko Adi Wibowo kepada detikcom, Jumat (31/12/2021).

Eko menjelaskan pada pukul 22.00-05.00 WIB dilakukan rekayasa pengalihan arus. Dengan harapan menekan penyebaran COVID-19 sesuai Inmendagri.

"Merayakan di jembatan juga sangat membahayakan," ujarnya.

Terdapat 3 ring yang dilakukan pengalihan arus lalin. Ring satu di perempatan Jalan Kenjeran, ring 2 Simokerto, ring 3 Jembatan Suramadu.

"Kita alihkan arus mulai ring 1, 2, 3. Mobil tidak ada penumpukkan. Kesadaran masyarakat kita sampaikan dengan tetap humanis," jelasnya.

Ada pun kendaran yang diperbolehkan melewati Jembatan Suramadu, kata Eko, adalah kendaraan emergency. "Tidak selalu ambulans, kendaraan pribadi bawa orang sakit. Membawa BBM, membawa sembako," ujar Eko.

Untuk kepadatan kendaraan motor, pihaknya juga mengimbau dan mengarahkan untuk terus jalan. Agar tidak terjadi kemacetan dan kerumunan.

"Tetap kita imbau untuk melewati dulu. Ada anggota khusus yang mengalihkan," pungkas Eko. (iwd/iwd)