Perayaan Tahun Baru di Hotel Jatim Ditiadakan, Kecuali Banyuwangi

Perayaan Tahun Baru di Hotel Jatim Ditiadakan, Kecuali Banyuwangi

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 16:43 WIB
hotel di banyuwangi
Suasana hotel di Banyuwangi (Foto file: Ardian Fanani/detikcom)
Surabaya - Saat malam tahun baru, pemerintah membatasi kegiatan masyarakat dan mengimbau tidak merayakan pergantian tahun. Hotel di Jatim pun meniadakan event new year.

"Kita selalu mengikuti aturan pemerintah, dan itu menjadi salah satu penurunan di tahun baru. Hotel dan restoran diminta tidak merayakan tahun baru," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim, Dwi Cahyono saat dihubungi detikcom, Jumat (31/12/2021).

Dwi mengatakan PHRI Jatim telah mengimbau anggotanya tidak membuat atau membatalkan event perayaan tahun baru. Hal itu dilakukan berkaca dari pengalaman tahun lalu, usai libur tahun baru terjadi kenaikan COVID-19.

"Ini sarana pemerintah untuk mengurangi penyebaran, kita harus mengikuti," ujarnya.

Dia menjelaskan hampir semua hotel di Jatim yang membuat event new year, dibatalkan. Hal itu jadi salah satu penyebab banyak tamu yang membatalkan ke hotel.

"Tamu yang menginap akan menginginkan beberapa kegiatan pada saat tahun baru, tidak hanya makan dan tidur. Tidak diperkenankan (Menggelar event), banyak sekali yang membatalkan acara tahun baru," jelasnya.

Namun ada daerah yang dikecualikan, yakni Banyuwangi. Meski diperbolehkan membuat acara tahun baru, namun jamnya juga dibatasi tidak sampai pukul 24.00 WIB.

"Kecuali ada beberapa tempat, seperti Banyuwangi dilaporkan bisa mengadakan acara tapi sampai jam 10 malam. Tapi kalau terus sampai jam 12 malam tidak diperkenankan. Pokoknya tidak berkerumun, pesta kembang api," urainya.

Data yang diterima selama ini, salah satu daerah yang diperbolehkan hanya di Banyuwangi, tapi sampai pukul 21.00 WIB. Sedangkan di kota besar lainnya seperti Surabaya, benar-benar tidak diperbolehkan.

"Kalau Surabaya tidak diperkenankan membuat acara, khususnya kota besar, Surabaya, Batu, Malang tidak membuat event besar," pungkasnya.

Simak juga 'Titik Nol Kilometer Yogyakarta akan Dipagar Cegah Kerumunan Malam Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)