8 Ruas Jalan di Banyuwangi Ditutup Saat Malam Pergantian Tahun 2022

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 12:12 WIB
Sejumlah Ruas Jalan Kota Banyuwangi Ditutup
Penyekatan di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Rekayasa lalu lintas dilakukan Polresta Banyuwangi, mengantisipasi kerumunan pada malam pergantian tahun 2022. Rekayasa arus Lalu Lintas (Lalin) menuju jantung kota Kabupaten Banyuwangi pun dilakukan.

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, rekayasa Lalin dibeberapa ruas jalan menuju dua taman yang berada di tengah kota tersebut akan dialihkan. Pengalihan arus lalu lintas, dimulai dari Jumat (31/12/2021) sore pukul 16.00 WIB hingga Sabtu (1/1/2022) pukul 01.00 WIB dini hari.

"Pengamanan pergantian malam tahun baru, jalan menuju Taman Blambangan dan Taman Sritanjung tutup total," kata Kapolresta kepada detikcom, Jumat (31/12/2021).

Rekayasa lalu lintas ini, kata Nasrun, agar masyarakat tidak berkerumun. Antisipasi ini juga dilakukan agar masyarakat tidak konvoi di kota.

"Tentu ini mencegah penularan COVID-19. Apalagi varian Omicron sudah masuk ke Indonesia," pungkasnya.

Sementara Kasat Lantas Polresta Banyuwangi Kompol Akhmad Fani Rakhim, penutupan jalan dilakukan dari utara yang menuju RTH Blambangan dan Taman Sritanjung, dari simpang 4 Lateng belok kiri menuju Jalan MH Thamrin dan Jalan Gajahmada. Sedangkan arus lalin yang ditutup dari arah selatan yang hendak menuju RTH Taman Blambangan dan Taman Sritanjung belok kiri dari simpang 4 Karangente menuju Jalan Brawijaya.

"Arus Lalin dari jalan selain jalur utama diarahkan ke jalur lain selain jalur menuju kedua tempat tersebut," jelasnya.

Untuk arus lalu lintas yang dari arah Jalan Basuki Rahmat, Ketapang dialihkan ke Jalan MH Thamrin menuju Jalan Gajah Mada dan sebaliknya. Selanjutnya di Simpang 4 Karangente untuk arus lalu lintas dari arah Rogojampi dialihkan ke Jalan Kepiting dan Jalan Brawijaya.

"Untuk di Simpang 4 Sritanjung arus lalu lintas dari arah Jalan Letkol Istiqlah dialihkan ke Jalan PB Sudirman ke arah Simpang 5," jelas Fani.

Pihaknya berharap masyarakat masyarakat turut menjaga Banyuwangi dari penularan COVID-19. Selain itu, warga juga diminta tidak mengadakan perayaan malam tahun baru dengan berkerumun atau pesta kembang api.

"Mari kita rayakan malam tahun baru 2022 bersama keluarga dengan tetap di rumah saja," pungkasnya. (fat/fat)