Ingat, Malam Ini Jembatan Suramadu Ditutup Mulai Pukul 9 Malam

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 11:43 WIB
Sejumlah warga menikmati senja di pantai sisi timur Jembatan Suramadu di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/4/2020). Akibat pandemi virus Corona (COVID-19), suasana di kawasan itu sepi pengunjung. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj.
Jembatan Suramadu di malam hari (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Surabaya - Jembatan Suramadu salah satu tempat favorit untuk untuk menghabiskan malam tahun baru. Namun malam ini pukul 21.00 WIB, Jembatan Suramadu akan ditutup saat malam perayaan Tahun Baru. Penutupan jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura ini untuk mengantisipasi kerumunan masyarakat yang merayakan pergantian tahun.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Latif Usman mengatakan penutupan ini dilakukan pada tanggal 31 Desember 2021 pukul 21.00 WIB hingga 1 Januari 2022 pukul 05.00 WIB.

"Tempat favorit Jembatan Suramadu sudah kita sampaikan nanti tanggal 31 (Desember) pukul 21.00 WIB dari arah barat maupun timur akan kita tutup sampai jam 05.00 WIB tanggal 1 Januari 2022," kata Latif di Terminal Purabaya Bungurasih, Minggu (26/12/2021).

Latif menambahkan hanya ada beberapa kendaraan yang boleh lewat. "Dalam artian, masyarakat bisa lewat kalau emergency. Seperti BBM, logistik dan kegiatan-kegiatan emergency masyarakat," imbuhnya.

Tak hanya Jembatan Suramadu, Latif mengatakan ada sejumlah lokasi yang biasanya menjadi jujugan masyarakat di Jatim yang ditutup. Seperti alun-alun di setiap kabupaten/kota hingga beberapa ruas jalan.

"Begitu juga tempat lain seperti alun-alun jelas sudah kita tutup dan juga jalan yang menjadi favorit masyarakat akan kita kendalikan betul. Jadi masyarakat diharapkan untuk merayakannya di rumah saja. Untuk menghindari kerumunan dan penyebaran COVID-19," tambahnya.

Sementara Latif menyebut arus kendaraan yang masuk wilayah Jatim terpantau belum ada peningkatan.

"Dari Operasi (Lilin Semeru) pertama tanggal 23 (Desember) arus yang masuk ke Jawa Timur cukup landai, peningkatannya belum signifikan. Yang diperkirakan dari Jakarta mungkin sudah tersortir di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jadi di Jatim tinggal menerima sisa-sisanya saja. Ini masih landai," ungkap Latif.

Meskipun landai, Latif menegaskan pihaknya tak akan kendor dalam menjaga sejumlah tempat di Jatim dari kerumunan masyarakat, utamanya saat malam Tahun Baru 2022.

"Masing-masing wilayah sudah menyusun itu masing-masing, dan yang betul-betul kita kendalikan dalam perayaan tahun barunya. Tempat-tempat publik yang akan menjadi tempat perkumpulan masyarakat kiranya kita kelola. Yaitu pengalihan arus maupun sampai penutupan," lanjutnya.

Selain itu, Latif menyebut untuk jalan tol juga tak luput dari perhatiannya. Di sana, akan diterapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Jalan tol akan kita kendalikan karena kita mempunyai 7 rest area dan di situ kita akan melakukan pengecekan random sampling dari masyarakat. Jadi jelas pengunjung yang berada di rest area ada 75%. Dan di sana menggunakan aplikasi PeduliLindungi," pungkasnya. (fat/fat)