Hujan Deras Guyur Surabaya, Banjir Terjadi di Banyak Titik

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 19:00 WIB
Banjir di Surabaya
Banjir di Jalan Semarang/Foto: Icha/detikcom
Surabaya - Curah hujan tinggi di Kota Surabaya membuat beberapa kawasan banjir. Banjir bermula saat hujan deras mulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB, Kamis (30/12/2021).

Dari pantauan detikcom, banjir tampak di kawasan Embong Malang, Jalan Tunjungan, Jalan Blauran. Banjir tampak berada di sisi kiri. Pengguna jalan pun memilih melambatkan laju kendaraannya.

Ketinggian banjir pun bervariasi hingga setinggi 30cm-60 cm. Akibatnya jalan-jalan di tengah kota macet karena pengguna jalan memilih melambatkan lajunya. Mereka juga memilih berjalan agak ke tengah agar terhindar dari banjir.

Banjir di SurabayaBanjir di Surabaya/ Foto: Icha/detikcom

Di kawasan Pasar Kembang, Jalan Arjuno, Jalan Semarang, Pasar Turi hingga Dupak juga banjir. Kendaraan roda dua yang nekat melintas pun akhirnya mogok. Mobil-mobil yang nekat melintas juga terpaksa mencari kawasan lebih tinggi agar aman dari banjir.

"Hujannya deras banget. Semua banjir. Ga nyangka banjir, biasanya juga nda banjir," kata warga Jalan Semarang, Adi (31) kepada detikcom di Jalan Semarang.

Hal senada diungkapkan Trias (25). Perempuan yang bekerja di kawasan Pusat Grosir Surabaya (PGS) kaget dengan banjir yang menerjang di kawasan tersebut.

"Biasanya ga banjir di sini. Saya kaget di depan sudah banjir. Sudah kadung di tengah-tengah, akhirnya sepeda saya mogok," tambah warga Gresik tersebut.

Sementara itu banyak pemotor memilih berhenti dan tidak melanjutkan perjalanan. Pasalnya mereka takut mesinnya kemasukan air.

Banjir di SurabayaBanjir di Surabaya/ Foto: Icha/detikcom

Dian (35) memilih parkir di kawasan SPBU Semarang. Dia mengaku air sudah masuk ke kendaraannya saat banjir menerjang.

"Airnya sudah masuk, berarti banjirnya sudah tinggi. Saya tidak berani melanjutkan perjalanan, nanti kena mesin," tegas pria yang bekerja di kawasan Ahmad Yani.

Hingga pukul 18.30 WIB, hujan sudah berhenti. Namun banjir di beberapa kawasan Surabaya belum surut. (fat/fat)