E-Tilang Akan Diterapkan di Kota Blitar Mulai Senin

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 16:39 WIB
e-tilang akan diterapkan di kota blitar mulai Senin
e-tilang akan diterapkan di Kota Blitar mulai Senin (27/12)/Foto: Erliana Riady
Kota Blitar - Mulai Senin (27/12) para pelanggar lalu lintas di kota Blitar akan terkena tilang Elektronik (ETLE) atau e-tilang. Tilang elektronik ini merupakan inovasi dari Polri untuk meningkatkan ketertiban pengendara dalam berlalu lintas.

Sejauh ini sudah ada tiga titik yang menjadi tempat pemantauan pelanggar lalu lintas. Yakni simpang tiga Herlingga, simpang empat Plosokerep, dan simpang empat SPBU Pakunden.

"Untuk titik yang lainnya akan menyusul, nanti seluruh wilayah Kota Blitar akan diterapkan," ungkap Kasi Humas Polres Blitar Kota, Iptu Achamd Rochan, Minggu (27/12/2021).

Untuk teknis penerapan tilang elektronik ini, polisi memasang kamera pengintai (CCTV). Kamera ini akan mengintai pengguna jalan yang melanggar lalu lintas. Seperti tidak menggunakan helm, melanggar marka jalan, tidak konsentrasi dengan menggunakan hp saat berkendara. Dan tidak menggunakan sabuk pengaman untuk pengguna mobil.

Kamera CCTV akan merekam nomer plat kendaraan yang melanggar lalu lintas. Kemudian disimpan di dalam data base ruang Traffic Management Centre (TMC) Polres Blitar Kota. Proses selanjutnya, petugas akan mengirimkan surat pemberitahuan tilang ke alamat yang sesuai dengan alamat plat nomor motor.

"Jika mereka mengabaikan, maka jika nanti motor ini dijual dan oleh pemilik baru akan dibawa ke Samsat untuk perpanjangan surat kendaraan akan menjadi tanggungan," ungkap Rochan.

Apalagi kamera canggih ini dapat bekerja secara penuh sepanjang hari. Alat ini juga meminimalisir sentuhan antara pelanggar dengan petugas, sehingga mencegah perilaku Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Adanya rekaman CCTV akan menjadi bukti yang valid bagi pelanggar, sehingga tidak dapat mengelak jika ada kesalahan. Bukti pelanggaran selain disimpan juga akan diberikan ke pelanggar. Ini untuk menguatkan jika pelanggar mengelak telah melakukan pelanggaran lalu lintas.

Simak video 'Penerapan e-Tilang Upaya Kemenhub Menuju Indonesia Bebas ODOL 2023':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)