Polda Jatim Luncurkan Mobil INCAR dan Aplikasi SKRIP, Apa Itu?

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 17:26 WIB
Polda Jatim Luncurkan Mobil INCAR dan Aplikasi SKRIP
12 Kendaraan Polda Jatim dilengkapi ETLE( Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Polda Jatim kembali meluncurkan terobosan. Kali ini, 12 unit kendaraan integrated node capture attitude record (INCAR) dan aplikasi skrining riwayat pengemudi (SKRIP) diluncurkan Ditlantas Polda Jatim.

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta menjelaskan 12 kendaraan ini merupakan kendaraan tilang serupa dengan electronic traffic law enforcement (Etle). Dalam kendaraan INCAR ini, Nico menyebut dilengkapi kamera mutakhir yang bisa merekam secara real time.

"INCAR ini dapat merekam secara real time terkait kepatuhan tata tertib lalu lintas yang terkoneksi data regident (registrasi dan investigasi. Kalau melanggar maka akan kami kirim surat ke alamat yang ada sesuai data di regident dan data dukcapil. Kita akan kirim surat tilang melalui kantor pos," papar Nico saat peluncuran di Taman Bungkul, Surabaya, Senin (15/11/2021).

"Sedangkan SKRIP atau skrining riwayat pengemudi ini berisikan informasi apabila berlalu lintas ada pelanggaran maka dia bisa tahu," tambah Nico.

Menurut Nico, inovasi yang diciptakan ini merupakan respons dari instruksi langsung dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dalam instruksi itu, Kapolri memerintahkan agar penindakan pelanggaran lalu lintas harus berbasis digital sehingga dapat menekan kontak langsung dengan pelanggar.

Polda Jatim Luncurkan Mobil INCAR dan Aplikasi SKRIPPolda Jatim Luncurkan Mobil INCAR dan Aplikasi SKRIP/ Foto: Amir Baihaqi

"Polda Jatim membuat inovasi mendeteksi pelanggaran yang dilakukan masyarakat berbasis digital data tanpa bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga mengurangi sentuhan dan kesalahan. Ini sesuai instruksi Kapolri bahwa anggota polisi (lantas) tidak bersentuhan langsung tapi ada pendidikan masyarakat lewat aplikasi," jelasnya.

Menurut Nico, peluncuran 12 unit kendaraan INCAR dan SKRIP merupakan inovasi pertama di Indonesia. Rencananya 12 unit mobil ini akan disebar di 12 titik. Tak hanya itu, ia juga mengimbau kepada polres jajaran untuk membuat terobosan yang sama dalam rangka menindaklanjuti perintah kapolri.

"Inovasi yang dikeluarkan Ditlantas Polda Jatim Incar dan skrip kita ketahui baru pertama kali dan satu-satunya di Indonesia dari Jawa Timur. Mudah-mudahan bisa meluas ke daerah lainnya. Ada 12 mobil, Kami sudah meminta bantuan kepala daerah untuk dapat melaksanakan dan mengadakan mobil incar di setiap kabupaten dan kota karena sistem ini sangat mudah," terangnya.

"Kalau ETLE statis hanya di beberapa ruas jalan. Sedangkan INCAR ini dipasang di mobil, sehingga yang tidak bisa dipantau ETLE dapat diketahui INCAR," tandasnya.

(fat/fat)