Menhub Tinjau Terminal Bungurasih yang Pengelolaannya Akan Diserahkan ke Pusat

Hilda Meilisa - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 13:23 WIB
menteri perhubungan di Terminal Bungurasih
Menteri Perhubungan di Terminal Bungurasih (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Pengelolaan Terminal Purabaya (Bungurasih) akan dikembalikan ke pusat atau Kementerian Perhubungan. Hari ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapannya.

Di Terminal Purabaya yang berlokasi di Bungurasih, Sidoarjo, Budi sempat meninjau pelaksanaan vaksinasi dan tes antigen.

"Kami bersama BNPB dan Korlantas memastikan perjalanan yang akan dilakukan masyarakat baik itu perjalanan udara, laut, dan darat itu berjalan dengan baik," kata Budi di Terminal Purabaya, Minggu (26012/2021).

Tak hanya itu, Budi juga memastikan masyarakat yang hendak bepergian menggunakan masker dengan baik. Budi sempat membagikan sejumlah masker pada penumpang bus. Hal ini, lanjut Budi, seiring dengan intruksi Presiden Joko Widodo.

"Oleh karenanya hari ini, kami ada satu Instruksi presiden bahwa perjalanan harus dilayani dengan baik dan lancar. Tetapi prokes harus dilaksanakan," tambahnya.

Di kesempatan ini, Budi juga mengapresiasi Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta hingga Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto yang memastikan prokes di Terminal Purabaya berjalan dengan baik.

"Saya mengapresiasi Pak Pangdam, Pak Kapolda dan Pemkot Surabaya yang melaksanakan prokes ketat. Tadi kami melihat upaya dilakukan antigen, bahkan ada yang dilakukan vaksinasi, menunjukkan bahwa bagi mereka yang melakukan perjalanan harus melaksanakan vaksinasi dan juga dilakukan antigen," ujar Budi.

Sementara pada masyarakat yang bepergian, Budi berharap terus menerapkan protokol kesehatan ketat. Hal ini karena Indonesia masih dalam pandemi COVID-19.

"Oleh karenanya, Semoga ini bisa berjalan dengan baik. Saya mengharapkan masyarakat apa bila ingin melakukan perjalanan syarat-syarat perjalanannya dan prokes harus dilaksanakan baik," harapnya.

Dalam kesempatan ini, Budi ditemani Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan, Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Kemenkes Kalsum Komaryani, Pangdam V/Brawijaya Nurcahyanto, hingga Kapolda Jawa Timur Nico Afinta. (hil/iwd)