Dinkes Banyuwangi Akan Tertibkan Swab Antigen Tak Berizin Sekitar Ketapang

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 00:04 WIB
Dinkes Banyuwangi bakal melakukan penertiban layanan swab antigen tak berizin, di sekitar Pelabuhan Ketapang. Berdasarkan regulasi yang ada, mereka semestinya beroperasi di lokasi induk klinik atau laboratorium sesuai izin yang diberikan.
Layanan swab antigen sekitar Pelabuhan Ketapang/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Karena sudah ada ketentuan yang baku yakni di Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 114 Tahun 2010. "Ini yang terus kita bahas," ungkapnya.

Yang kedua, semua laboratorium atau klinik yang memberikan layanan harus mengeluarkan hasil pemeriksaan dengan terlebih dahulu melakukan protap pemeriksaan yang benar.

Tidak diperkenankan untuk mencetak hasil tanpa pemeriksaan yang sesuai dengan protap. "Prinsipnya prosesnya harus benar-benar sesuai dengan regulasi yang berlaku," terangnya.

Untuk laboratorium atau klinik yang belum mengantongi izin pemberian layanan rapid tes antigen di sekitar Pelabuhan Ketapang, pihaknya meminta untuk tutup sampai dengan waktu yang tidak ditentukan sehingga perizinannya diproses.

Pihaknya akan mengambil langkah-langkah mulai dari persuasif sampai penindakan atau represif. Namun untuk saat ini masih diupayakan langkah-langkah persuasif.

"Penertiban tidak hanya dari Dinas Kesehatan tapi satgas yang di-support banyak pihak. Terkait yang seperti ini kita upayakan mulai persuasif sampai dengan penindakan. Jadi kalau cukup diberikan informasi dan mereka sudah mengikuti ya sudah. Tapi misalkan tidak (mengikuti), kita akan mengambil langkah," pungkasnya.


(sun/bdh)