Mau Menyeberang ke Bali, Penumpang Ini Terpaksa Divaksin Kedua

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 19:51 WIB
pelabuhan ketapang
Salah satu penumpang yang divaksin kedua (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Vaksinasi COVID-19 kedua bagi penumpang penyeberangan di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi benar-benar dilakukan. Terbukti, dua penumpang penyeberangan Jawa-Bali ini harus melakukan vaksinasi di tempat.

Mereka digiring ke lokasi vaksinasi di posko terpadu di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, dari dalam bis jurusan Surabaya-Denpasar. Setelah dicek suhu dan tekanan darah, mereka pun mendapatkan vaksinasi COVID-19, Rabu (22/12/2021).

Momen lucu saat salah satu penumpang, Indahwati asal Bondowoso disuntik vaksin Sinovac. Saat disuntik, wanita ini kemudian berteriak sekencang-kencangnya. Wanita ini disuntik diawasi oleh Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu dan perwira polisi lainnya.

"Pak polisi, saya takut suntik," ujar Indahwati. Meski demikian, kegiatan vaksinasi tetap dilakukan.

"Saya lega setelah di suntik. Takut disuntik dulu soalnya pas kecelakaan disuntik berkali-kali. Ini vaksinasi kedua saya," cerita Indahwati usai divaksinasi.

Selain wajib vaksinasi kedua bagi penumpang, persyaratan rapid test antigen juga diberlakukan kepada masyarakat yang akan menyeberang.

"Ini menjadi kewajiban bagi masyarakat yang mau menyeberang ke Bali. Vaksinasi kedua dan rapid tes antigen 1 kali 24 jam," ujar Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu usai melakukan sidak kesiapan posko di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi.

Nasrun menambahkan, dua persyaratan yang diterapkan ini hanya untuk menekan penyebaran virus corona.

"Tentu syarat ini menjadi wajib agar COVID-19 tidak banyak menyebar. Vaksinasi COVID-19 terus dilakukan. Bahkan untuk penumpang kapal baik dari Jawa ke Bali," tambahnya.

Petugas gabungan juga akan melakukan rapid test antigen secara random bagi penumpang kapal yang turun dari Bali maupun yang akan ke Bali. Sementara untuk mengantisipasi kemacetan, pihaknya telah menyiapkan beberapa kantong parkir di sekitar areal pelabuhan.

"Ada di Terminal Sritanjung, Pusri dan Stasiun Banyuwangi. Kantong parkir kita gunakan jika ada kemacetan," pungkasnya.

Pengecekan pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi dilakukan oleh Polresta Banyuwangi untuk kelancaran arus liburan Natal dan tahun baru. Selain itu, pengetatan protokol kesehatan akan terus diawasi dengan ketat oleh petugas gabungan dan Satgas COVID-19 Banyuwangi. (iwd/iwd)