Kunjungi Gereja, Forkopimda Sidoarjo Pastikan Misa Natal Aman dan Kondusif

Suparno - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 22:09 WIB
gus muhdlor
Forkopimda Sidoarjo mengecek persiapan dan pengamanan gereja (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Forkopimda Sidoarjo mengecek pelaksanaan Misa Natal 2021 di sejumlah gereja Sidoarjo, Jumat (24/12/2021) malam. Umat Kristen dijamin melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman.

Datang ke Gereja Santa Maria Annuntiata, Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo dan jajaran Forkopimda Sidoarjo lainnya disambut pengurus gereja. Selanjutnya mereka mengecek penerapan protokol kesehatan yang diterapkan di gereja, serta pengamanan dari TNI-Polri guna mengantisipasi segala macam gangguan kamtibmas.
Pengecekan serupa juga dilakukan di Gereja GPDI Elohim dan beberapa gereja lainnya.

"Sampai saat ini situasi kamtibmas dalam misa Natal 2021, aman, damai dan kondusif," ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo usai sidak Gereja Jumat (24/12/2021).

Upaya memperketat keamanan namun tanpa mengganggu kenyamanan jemaat dalam beribadah, menurut Kusumo telah dilakukan sejak beberapa hari sebelum Natal. Hingga pada Jumat (24/12/2021), pihak kepolisian melakukan sterilisasi gereja sebagai antisipasi gangguan teror.

Terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, Kusumo mengapresiasi langkah maksimal yang dilakukan pihak pengurus gereja. "Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, pengurus gereja bersama pihak keamanan saling kordinasi guna penerapan prokes, situasi kamtibmas juga aman dan kondusif," lanjutnya.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengapresiasi pihak gereja dan para pendeta yang mematuhi peraturan pencegahan COVID-19. Seperti pembatasan kapasitas jemaat, jaga jarak, penerapan Aplikasi PeduliLindungi, penggunaan masker, tempat cuci tangan dan sebagainya.

"Tidak hanya apresiasi mengenai penerapan protokol kesehatan dan pengamanan dari TNI-Polri, kami juga mengapresiasi semangat toleransi yang dilakukan masyarakat Sidoarjo. Sehingga pelaksanaan Misa Natal 2021 berjalan lancar, damai dan kondusif," tandas Muhdlor. (iwd/iwd)