Operasi Lilin Semeru Digelar Antisipasi Omicron dan Nataru di Sidoarjo

Suparno - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 15:44 WIB
kapolresta Sidoarjo mengecek kendaraan operasional
Kapolresta Sidoarjo mengecek kendaraan operasional (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2022, Forkopimda Sidoarjo menggelar Operasi Lilin Semeru 2021. Kegiatan ini sekaligus mengantisipasi masuknya COVID-19 varian baru Omicron.

Operasi Lilin Semeru ini menerjunkan 750 personel gabungan dari TNI-Polri dan unsur pemerintahan. Personel disebar ke titik-titik rawan, seperti mengamankan misa Natal di sejumlah gereja, antisipasi kerumunan masyarakat di mal, pusat belanja, stasiun, terminal dan bandara.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintaro mengatakan pengamanan ini tak hanya untuk menjaga kondusifitas. Namun juga mencegah penyebaran COVID-19 dan varian baru Omicron. Salah satunya dengan memperketat mobilitas masyarakat.

"Karenanya untuk tercipta kondusifitas kamtibmas dan pencegahan COVID-19 selama Nataru dilaksanakan Operasi Lilin Semeru 2021 di wilayah Kabupaten Sidoarjo," kata Kusumo usai gelar pasukan, Kamis (23/12/2021).

Kusumo menambahkan pihaknya akan melakukan pengecekan keamanan hingga penerapan protokol kesehatan di sejumlah tempat. Mulai dari gereja, tempat keramaian, pertokoan, mal, pusat belanja, terminal, stasiun dan bandara.

"Kami mengimbau masyarakat rayakan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan damai, tidak terlalu bereuforia, lakukan dengan ibadah atau kegiatan positif lainnya di rumah saja. Pertokoan, mal dan pusat belanja pada saat malam tahun baru juga dibatasi jam operasional sampai pukul 22.00 WIB," jelas Kusumo.

"Sampai saat ini pandemi masih berlangsung, mari kita cegah dengan mematuhi peraturan protokol kesehatan serta tingkatkan vaksinasi COVID-19," terang Kusumo.

Sementara itu, terkait pengamanan Nataru dari unsur TNI, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Masarum Djatilaksono mengatakan, pihaknya siap bersinergi bersama unsur lainnya. Termasuk dengan Polresta Sidoarjo.

"Antisipasi berbagai ancaman gangguan kamtibmas telah dipetakan. Hingga upaya pencegahan Covid-19 bagi masyarakat. TNI-Polri bersama unsur lainnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo siap amankan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022," tandas Masarum. (iwd/iwd)