Momen Natal dan Tahun Baru, Penumpang di Bandara Juanda Meningkat

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 19:37 WIB
bandara juanda
Bandara Juanda (Foto: Dok. Humas Bandara Juanda)
Surabaya - Menjelang momentum Natal dan Tahun Baru 2022, penumpang di Bandara Juanda mengalami kenaikan. kenaikan penumpang terjadi sejak awal Desember

Manager Public Relations Bandara Juanda Yuristo Ardhi Anggoro mengatakan pihaknya sudah membuka posko Nataru sejak 17 Desember. Selama 8 hari pascapembukaan posko, tercatat kenaikannya mencapai 15% dibanding tahun lalu.

"Kalau khusus Nataru, menurut pengamatan kami sejak posko dibuka tanggal 17 Desember, sampai 8 hari pelaksanaan posko, atau H-2 Libur Natal, itu ada kenaikan 15% kalau dibanding periode posko sebelumnya," kata Yuristo saat dihubungi detikcom, Jumat (24/12/2021).

Yuristo mengatakan selama 8 hari, penumpang yang naik mencapai 180 ribu orang. Jumlah ini naik dibanding tahun lalu di periode sama, tercatat ada 155 ribu penumpang.

"Tahun ini selama periode posko 8 hari itu kita bisa melayani hampir 180 ribu atau 179 ribu penumpang. Naik 19% dibanding periode sebelumnya yang 155 ribu," tambahnya..

Sementara itu, Yuristo menyebut tren kenaikan penumpang terjadi sejak awal Desember. Di mana pada bulan sebelumnya, Juanda melayani rerata 23 ribu penumpang per hari.

"Namun sejak awal Desember, kita bisa melayani 25 ribu penumpang. Jadi ada kenaikan 8 sampai 10 persen. Itu kalau dibandingkan performa bulan ke bulan," tambahnya.

Sedangkan data hari ini hingga pukul 12.00 WIB, tercatat sudah ada 8 ribu penumpang di Bandara Juanda.

"Di minggu-minggu ketiga Desember ini, itu traffic-nya lebih sedikit dibanding pekan kedua Desember. Pekan kedua kemarin di hari Minggu bisa sampai 27 ribu. Jadi kayaknya para penumpang mengambil momennya satu minggu sebelumnya," tambahnya.

Di kesempatan ini, Yuristo mengatakan pihaknya menambah sejumlah fasilitas untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan. Salah satunya dengan menambah lokasi untuk men-scan aplikasi PeduliLindungi.

"Terkait dengan prokes, karena mengantisipasi jumlah penumpang kami menambah fasilitas validasi aplikasi PeduliLindungi. Dari yang sebelumnya 12 unit menjadi 20 unit. Kami juga sediakan sentra vaksinasi untuk masyarakat yang baru divaksin dosis pertama untuk melanjutkan vaksinasi dosis kedua di Juanda," pungkasnya. (hil/iwd)