Dinilai Tak Laik Jalan, Angkutan Umum di Lamongan Ini Dipinggirkan

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 15:17 WIB
sopir bus dan mpu diperiksa kesehatannya
Bus dan MPU yang tak laik jalan dipinggirkan dulu (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Polisi melakukan cek urine kepada sopir angkutan umum di Terminal Lamongan. Selain tes urine, polisi bersama instansi terkait juga melakukan uji kelaikan kendaraan umum yang melintas di jalur poros nasional Lamongan.

Wakapolres Lamongan Kompol Argya Satria Bhawana mengatakan tes urine kepada sopir dan kru angkutan umum ini dilakukan untuk memastikan sopir awak bus yang mengangkut penumpang selama Natal dan tahun baru dalam kondisi baik dan tidak terpengaruh obat-obatan. Selain itu, ramp check atau pemeriksaan kelengkapan kendaraan dilakukan untuk memastikan kelaikan angkutan umum yang melintas di jalur poros nasional di Lamongan.

"Kegiatan ini masih dalam rangkaian Operasi Lilin Semeru 2021, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan warga masyarakat," kata Argya usai kegiatan di Terminal Lamongan, Jumat (24/12/2021).

sopir bus dan mpu diperiksa kesehatannyaSopir bus dan MPU diperiksa kesehatannya (Foto: Eko Sudjarwo)

Pantauan di lapangan, Jumat (24/12/2021), sejumlah personel gabungan memeriksa setiap kendaraan umum yang lewat di jalur poros nasional diminta untuk masuk di terminal tanpa terkecuali, mulai dari mobil MPU, bus AKAP dan AKDP serta kendaraan travel. Sementara petugas memeriksa kelaikan jalan serta surat-surat kendaraan, sopir dan awak bus diminta untuk masuk ke lokasi pemeriksaan kesehatan dan menjalani tes urine.

"Dari hasil pemeriksaan tadi, semua awak bus dan MPU tidak ada indikasi menggunakan narkoba," jelasnya.

Saat ramp check kendaraan inilah petugas menemukan salah satu MPU yang tidak laik jalan karena kelengkapan kendaraannya dinilai masih kurang. Kendaraan yang dinilai tidak laik jalan ini kemudian diminta untuk menepi dan melengkapi alat kelengkapan kendaraannya baru diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan.

"Bagi kendaraan yang dinilai tidak laik jalan, kami minta untuk menepi terlebih dahulu sambil memeriksa kelaikan kendaraannya," ujar Argya.

Tidak sekedar ramp check dan tes urine, polisi bersama petugas terkait juga 'gerilya' mencari penumpang atau pemudik yang belum mengikuti vaksin. Pasalnya, di pos pengamanan yang ada di Terminal Lamongan, polisi juga menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 gratis untuk pengguna jalan atau pemudik.

"Kita juga memberikan layanan vaksinasi untuk warga yang belum vaksin atau belum vaksin lengkap, karena kami juga menyediakan vaksinasi di pospam terminal Lamongan," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, polisi dan petugas gabungan juga masuk ke dalam bus untuk mengingatkan penumpang akan pentingnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan karena COVID-19 masih ada. Di sela-sela penyampaian ini, polisi dan petugas gabungan membagikan masker kepada penumpang sebagai salah satu alat untuk mencegah penyebaran COVID-19. (iwd/iwd)