Kominfo Lumajang Benarkan soal Syuting Sinetron di Semeru yang Viral

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 19:37 WIB
Ada syuting sinetron di lokasi terdampak erupsi Semuru. Tepatnya di sekitar tenda pengungsian yang videonya tengah viral.
Gambar syuting sinetron yang beredar/Foto: Tangkapan layar
Surabaya - Cuplikan syuting sinetron di lokasi terdampak erupsi Semeru tengah viral di media sosial. Tepatnya di sekitar tenda pengungsian.

Dalam posting-an yang beredar juga dijelaskan, warga Lumajang memprotes syuting sinetron tersebut. Syuting sinetron itu dinilai sebagai aktivitas yang kurang empati terhadap korban erupsi Gunung Semeru.

"Lumajang masih dalam suasana berkabung. Mayat saudara-saudara kita yang terkubur material Semeru masih dalam harapan bisa ditemukan. Tim Anda datang ke pengungsian hanya untuk shooting film. Ditambah lagi aktor dan aktrisnya beradegan pelukan di depan anak-anak. Sungguh sangat menyakiti hati kami," berikut tulisan dalam salah satu gambar yang beredar di media sosial.

Detikcom kemudian menghubungi Kepala Dinas Kominfo Lumajang, Yoga Pratomo. Ia membenarkan soal syuting sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda (TMTM) di lokasi terdampak erupsi Semeru. Menurutnya, syuting itu mulai Selasa (21/12).

"Mulai Selasa. Tapi tidak hanya di situ. Di objek lain, di objek wisata," kata Yoga kepada detikcom, Rabu (22/12/2021).

Mengenai soal perizinan syuting yang menjadi pertanyaan banyak warganet, Yoga mengaku belum bisa menjelaskan. Ia mengaku ada urusan keluarga.

"Saya nganter istri ini," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, dalam beberapa slide posting-an yang beredar, ada ajakan untuk memboikot syuting sinetron yang dibintangi oleh Chris Laurent dan Alisia Rininta tersebut. Unggahan itu juga menampilkan adegan syuting yang dilakukan di depan umum dan disaksikan oleh warga.

Terpaksa Menikahi Tuan Muda merupakan sinetron garapan Verona Pictures yang tayang perdana pada 9 Agustus lalu. Sinetron itu berkisah tentang Kinanti (Alisia Rininta) yang dipaksa untuk menikahi Abhimana (Christ Laurent) untuk menggantikan adiknya, Sarah, demi membayarkan hutang keluarga usai terjadinya kecelakaan di proyek milik sang ayah.

Sementara erupsi besar Gunung Semeru terjadi pada Sabtu (4/12). Hingga saat ini, ada puluhan korban yang ditemukan tewas, dan ada beberapa yang masih dilakukan pencarian.

Simak Video: Warga Protes, Tempat Pengungsian Gunung Semeru Jadi Lokasi Syuting

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)