Pesan Arumi untuk Mama Muda di Hari Ibu: Komunikasi Sama Support System

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 14:49 WIB
Hari ini merupakan Hari Ibu. Arumi Bachsin menyebut, masa pandemi COVID-19 menjadi tantangan besar bagi ibu-ibu.
Arumi Bachsin bersama anak-anaknya/Foto: Istimewa (instagram Arumi Bachsin)
Surabaya - Hari ini merupakan Hari Ibu. Di momen ini, Arumi Bachsin menyampaikan beberapa pesan untuk para mama muda.

Sebab menurutnya, menjadi seorang ibu tidak mudah dilakukan. Terlebih di usia yang masih relatif muda.

Ia mengajak para mama muda untuk selalu berkomunikasi dengan support system. Support system yang dimaksud contohnya pasangan masing-masing.

"Komunikasi sama support system, suami sebagai partner, pembagian tugasnya gimana. Jadi nggak bagian urusan di rumah, urus anak, bukan hanya tugas istri, sekali-sekali papanya juga. Harus ada pembagian yang jelas," kata Arumi yang saat ini memiliki 2 anak, saat dihubungi detikcom, Rabu (22/12/2021).

Kemudian jika pasangan sedang bekerja di luar kota, tambah Arumi, mama muda perlu mencari support system yang lain. Contohnya orang tua.

"Karena, yang dibutuhkan bukan hanya support secara fisik saja. Walaupun capek, tapi sebetulnya kita sayang dan ikhlas semua mengabdi ke keluarga. Jadi capeknya nggak seberapa," jelasnya.

"Tapi yang dibatin merasa sendiri dan kesepian. Itulah yang lebih berat dari pada capek fisiknya. Tapi yang pertama harus disadari dulu dan dicari support system," tambahnya.

Arumi merupakan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jawa Timur. Sebab ia merupakan istri dari Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

"Walaupun ibu memprioritaskan keluarga dan juga anak, kita juga ga boleh lupa terhadap diri sendiri. Kembali lagi, kesehatan itu kan bukan hanya fisik tapi juga mental. Kalau ibunya sehat dan bahagia, biasanya anak dan suami juga pasti bahagia, balance," pungkasnya. (sun/bdh)