Longsor Terjadi di Nganjuk, 7 Rumah Rusak hingga 27 Warga Mengungsi

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 21 Des 2021 17:03 WIB
Tanah longsor terjadi di Dusun Banaran, Desa Macanan, Kecamatan Loceret, Nganjuk. Tujuh rumah dilaporkan rusak terdampak longsor tersebut.
Tanah longsor terjadi di Dusun Banaran, Desa Macanan, Kecamatan Loceret, Nganjuk/Foto: Istimewa (dok.Polres Nganjuk)
Nganjuk - Tanah longsor terjadi di Dusun Banaran, Desa Macanan, Kecamatan Loceret, Nganjuk. Tujuh rumah dilaporkan rusak terdampak longsor tersebut.

"Betul terjadi bencana tanah longsor tadi malam dan ada tujuh rumah yang terdampak," ujar Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (21/12/2021).

Maka dari itu, kata Boy, ada 27 warga yang mengungsi di musala setempat. Sebelum longsor terjadi, hujan deras mengguyur sejak Senin (20/12) sekitar pukul 14.00 WIB. Hujan mengguyur hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

"Kemarin sore sempat hujan deras mulai pukul 14.00 WIB hingga malam sekitar pukul 22.00 WIB. Kita sudah turunkan tim untuk melakukan upaya pembersihan," kata Boy.

Boy menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Nganjuk untuk membantu para korban terdampak. Korban terdampak telah diberi bantuan serta didirikan dapur umum.

"Kita sudah menurunkan tim evakuasi tanah longsor. Menurunkan urkes Polres Nganjuk untuk cek kesehatan korban bencana, serta memberikan bantuan obat-obatan, vitamin dan makanan," jelas Boy.

"Kita memberikan bantuan sosial berupa beras 100 kg, mi instan 30 kardus, telur 20 kg, susu kaleng 50 dan sarden 50 kaleng," ungkapnya.

Boy juga menambahkan, pihaknya memberikan imbauan kepada masyarakat agar jangan kembali ke rumah untuk sementara. "Hal ini disebabkan lokasi masih hujan ringan, takutnya ada longsor susulan sehingga mohon tetap tinggal di pengungsian," pungkasnya. (sun/bdh)