I Love You dari Mantan Batalkan Bunuh Diri Remaja Probolinggo yang Panjat Tower

M Rofiq - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 14:12 WIB
pemuda di probolinggo naik tower gegara diputus pacar
Saat petugas menolong Alan yang kehabisan tenaga saat turun dari tower (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Kalimat 'I Love You' dari orang tercinta ternyata mampu mengubah segalanya. Di Probolinggo, kata-kata ajaib ini menggagalkan percobaan bunuh diri seorang remaja.

Hal ini terjadi pada Warga Dusun Kaliamas, Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Alan (20). Sebelumnya, Alan nekat memanjat tower usai diputuskan kekasihnya. Alan melakukan percobaan bunuh diri dengan berencana melompat dari tower setinggi 80 meter pada Kamis (16/12).

Segala upaya telah dilakukan untuk merayu Alan agar turun. Namun, ucapan ibunya, polisi hingga warga pun tak dihiraukan. Saat itu, Alan enggan turun dari atas puncak tower milik provider di Jalan Sunan Gunung Jati, Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedupok, Kota Probolinggo.

Bahkan, sembari terisak, ibunda Alan sempat meminta belas kasihan dari anaknya. "Le muduno le, sakno ibuk' (Nak cepat turun nak, kasihan ibu)," kata Ibu Alan dalam voice note yang dikirim ke handphone anaknya.

Petugas di lokasi saat itu hampir putus asa. Namun tetiba, mantan kekasihnya yang bernama Sinta, warga Desa Legundi, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo, datang. Kehadiran Sinta ini langsung disambut sorak warga yang ada di lokasi. Sinta langsung meminta Alan tutun.

"Mas muduno mas tak enteni nang ngisor, sakno aku dan keluargamu, aku sek sayang karo koen, (Mas cepat turun ya mas, saya tunggu di bawah, kasihan saya dan keluargamu, saya masih sayang sama kamu)," kata Sinta.

Lalu melalui pengeras suara, Sinta mengungkap kalimat 'I Love U' pada Alan sebanyak tiga kali. Sontak, masyarakat kembali bersorak.

Mendengar suara Sinta menggaungkan kalimat I Love U. Alan akhirnya mau turun. Saat itu, Alan membalas voice note ibunya, jika dirinya mau turun asalkan warga di bawah tower tidak berkerumun melihat aksinya. Dia juga meminta ibunya jangan menangis. Segera, polisi dan TNI di lokasi langsung melakukan sterilisasi agar tidak ada warga yang melihat.

Lihat juga video 'Drama Penyelamatan Pria Depresi Nekat Panjat Tower':

[Gambas:Video 20detik]