Alun-Alun dan Taman Kota Blitar Bakal Ditutup Selama Tahun Baru

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 07:57 WIB
alun alun kota blitar
Alun-alun dan taman kota Blitar akan ditutup selama tahun baru (Foto: Erliana Riady)
Blitar - Alun-alun dan taman kota di Blitar bakal ditutup pada malam tahun baru. Hanya dua lokasi wisata yang tetap dibuka.

Sejak Kota Blitar menjadi pilot project penerapan new normal, alun-alun dan taman kota kembali dibuka. Namun wacana penutupan kembali dilakukan menjelang pergantian tahun mendatang.

Sekretaris Satgas COVID-19 Kota Blitar, Toto Robandiyo mengatakan, penutupan alun-alun dan taman kota akan dilakukan selama dua hari. Yakni mulai tanggal 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

"Penutupan taman dan Alun-alun berdasarkan Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022," jawab Toto dikonfirmasi detikcom, Kamis (15/12/2021).

Sedangkan lokasi wisata di wilayah kota, lanjut Toto, hanya dua yang direkomendasikan buka. Dua lokasi wisata tersebut yakni Makam Bung Karno (MBK) dan Istana Gebang.

Toto menandaskan pembukaan dua lokasi wisata itu tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Di antaranya membatasi jumlah pengunjung hanya 50 persen dari kapasitas ruangan.

Untuk memastikan pengamanan sekitar alun-alun, Polresta Blitar telah mendirikan posko check point. Pintu gerbang alon-alon juga akan ditutup. Dan polisi melarang adanya perayaan pergantian tahun dan konvoi kendaraan di sepanjang jalan di wilayah hukum Polresta Blitar.

"Perayaan tahun baru dan konvoi kami larang. Sosialisasi larangan menyalakan kembang api juga masif kami lakukan. Penjagaan pengamanan maksimal kami lakukan di seputaran alun-alun dan taman kota yang biasanya menjadi lokasi berkumpulnya warga," kata Kapolresta Blitar AKBP Yudhi Hery Setiawan.

Simak juga 'PPKM Level 3 Batal, Polda Metro Siapkan Aturan Malam Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)