Diterjang Angin Kencang, Tenda Pameran UMKM di Alun-Alun Blitar Roboh

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 14:42 WIB
tenda di blitar roboh diterjang angin kencang
Tenda Pameran UMKM di Alun-Alun Blitar Roboh ()Foto: Erliana Riady)
Blitar -

Deretan tenda berwarna merah roboh bersamaan diterjang hujan deras dan angin kencang. Tenda-tenda ini didirikan di tengah alun-alun Kota Blitar lokasi digelarnya pameran UMKM tiap akhir pekan.

Pantauan detikcom, hujan dengan intensitas tinggi mulai mengguyur Kota Patria sekitar pukul 12.10 WIB. Tak lama kemudian, bertiup angin sangat kencang dari arah selatan ke utara. Dalam hitungan detik, terjangan angin kencang itu merobohkan deretan tenda yang didirikan berjajar di kiri dan kanan jalan tengah Alon-Alon Kota Blitar.

Tampak hanya tenda besar untuk peralatan sound sistem dan musik yang tersisa berdiri. Lainnya, roboh dan beterbangan hingga menimbulkan pemandangan berantakan.

Beruntung, saat angin kencang menerjang tak ada pelaku UMKM yang berada di bawah tenda. Hanya meja-meja portable panjang yang masih berada di lokasi, untuk memajang dagangan dalam pameran akhir pekan ini.

"Sampai hari ini, saya terima laporan ada 80 stand atau 80 pelaku UMKM yang ikut pameran. Beruntung saat hujan angin, semua pelaku UMKM dan barang pameran tidak berada di lokasi kejadian," jawab Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Blitar, Hakim Sisworo dikonfirmasi, Minggu (5/12/2021).

Hakim melanjutkan, pameran dagang UMKM ini digelar sejak Sabtu (4/12) dan berakhir hari ini. Pameran digelar dalam dua sesi, sesi pertama berlangsung dari pukul 07.00-10.00 WIB. Dan sesi kedua, mulai lagi pukul 15.00-22.00 WIB.

"Jadi tadi pas sesi pertama sudah selesai. Ini karena tenda roboh semua, untuk pameran sesi kedua terpaksa kami tiadakan," imbuhnya.

Pameran produk UMKM ini sebagai upaya Pemkot Blitar membangkitkan kembali roda perekonomian warga. Menyusul Kota Blitar sebagai pilot project penerapan new normal berdampingan dengan virus Corona.

Sejak pagi, pameran banyak diminati warga. Walaupun protokol kesehatan ketat diterapkan bagi pengunjung, tak menyurutkan animo warga berdatangan melihat pameran.

Simak Video 'Apa Saja Dampak Siklon Tropis Teratai ke Wilayah Indonesia?':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)