Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Rakor Pengelola Laboratorium Lingkungan Nasional

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 19:53 WIB
bupati ipuk
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi terus menghadirkan inovasi dalam berbagai bidang. Di antaranya adalah dengan menerapkan Laboratory Information Management System (LIMS) yang diterapkan dalam inovasi bertajuk SIMPLING (Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Laboratorium Lingkungan).

Hal tersebut menjadi perhatian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sehingga Banyuwangi dijadikan percontohan sekaligus ditunjuk menjadi tuan rumah rapat koordinasi pengelola Laboratorium Lingkungan se Indonesia yang digelar secara hybrid, Rabu (15/12/2021).

"Inilah alasan kami memilih Banyuwangi. Kita undang para pengelola UPT laboratorium lingkungan se Jatim ke sini secara langsung serta para UPT lainnya lewat daring, supaya mereka bisa melihat langsung praktik baik yang dilakukan Banyuwangi," kata Plt. Kepala Pusat Standardisasi Instrumen Kualitas Lingkungan Hidup (PSIKLH)-KLHK, Eva Betty Sinaga saat membuka rakor tersebut.

Dengan penerapan LIMS tersebut, lanjut Eva, akan memberikan kemudahan bagi pelanggan laboratorium dalam memperoleh hasil pengujian serta menjamin kerahasiaannya. "Standar LIMS ini, masih belum banyak digunakan di Indonesia. Di Jawa Timur sendiri, masih Banyuwangi yang punya," ujarnya.

Selain itu, imbuh Eva, Banyuwangi juga dinilai memiliki komitmen yang sangat kuat dalam mendorong pengembangan kapasitas laboratorium lingkungan di daerahnya. Di antaranya menerapkan metode pengujian sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) dan telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN)

"Jadi tidak heran jika UPT laboratorium lingkungan daerah di Banyuwangi ini menjadi salah satu yang terbaik di Jawa Timur," ungkap Eva.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang turut menyapa para peserta rakor, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ipuk juga berterima kasih karena pemerintah pusat telah memilih Banyuwangi sebagai lokasi Rakor Peningkatan Kapasitas Laboratorium Lingkungan ini.

"Terima kasih telah memilih Banyuwangi sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini. Bagi kami, ini merupakan kehormatan sekaligus dukungan untuk mendorong perekonomian Banyuwangi," kata Ipuk.