868 Kendaraan Pelat Merah di Ponorogo Nunggak Pajak

Charoline Pebrianti - detikNews
Senin, 13 Des 2021 12:05 WIB
pajak kendaraan di ponorogo
868 Kendaraan Dinas Ponorogo Nunggak Pajak (Foto: ilustrasi kendaraan dinas/Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Samsat Polres Ponorogo mencatat 868 kendaraan pelat merah menunggak pajak. Waduh, kok bisa?

Data di Samsat Polres Ponorogo tercatat, total ada 868 kendaraan. Terdiri dari kendaraan roda dua dan roda empat. Tapi didominasi oleh kendaraan roda dua.

"Jadi ini akhir tahun 2021, kemarin sudah koordinasi dengan Dispenda data terkait tunggakan pajak pelat merah," tutur Kanit Registrasi dan Identifikasi (KRI) Satlantas Polres Ponorogo Iptu Marjono kepada wartawan, Senin (13/12/2021).

Marjono menambahkan kendaraan yang menunggak pajak bervariasi. Ada yang menunggak satu hingga dua tahun bahkan ada juga yang menunggak pajak 5 tahun.

"Kalau detailnya (nilai) koordinasi dengan Dispenda berapa total dari tunggakan pajak dalam nilai Rupiah. Dari R4 maupun R2," imbuh Marjono.

Menurut Marjono, pihak Samsat juga pernah berkoordinasi dengan UPT Dispenda untuk memberitahukan tunggakan ini ke BPPKAD. Bahkan juga pernah menyampaikan ke Sekda Ponorogo Agus Pramono.

"Sudah lebih dari dua kali pemberitahuan, tapi sampai sekarang belum ada follow up, terbukti masih ada tunggakan," papar Marjono.

Padahal, menurut Marjono, tunggakan seperti ini terutama kendaraan pelat merah sudah terpantau oleh BPK dan KPK. Disinggung soal penarikan kendaraan karena menunggak pajak, menurutnya bukan kewenangan polisi. Namun seharusnya menjadi kebijakan internal Pemkab Ponorogo.

"Kalau kendaraan yang menunggak pajak, terlepas dari pelat merah atau bukan. Denda pajak tidak ada, yang ada denda asuransi dalam hal ini jasa raharja. Nilainya tidak banyak untuk R2 Rp 30 ribu dan R4 Rp 50 ribu," pungkas Marjono. (iwd/iwd)