Keren, Perumahan Disabilitas Dibangun di Trenggalek

Keren, Perumahan Disabilitas Dibangun di Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Senin, 13 Des 2021 09:22 WIB
di Trenggalek Ada Perumahan Disabilitas
Perumahan disabilitas (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek - Sebuah komplek perumahan inklusif bagi disabilitas dibangun di Trenggalek. Perumahan dilengkapi dengan aksesibilitas yang ramah bagi warga berkebutuhan khusus.

Perumahan yang dibangun di Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Trenggalek, digagas Yayasan Naema pada 2019. Kini 11 unit rumah berdiri di kawasan tersebut. Empat di antaranya terisi keluarga penyandang disabilitas. Rencananya perumahan tersebut akan dibangun 20 unit rumah.

Salah seorang penghuni, Khusnul Melina Sari, mengaku pembangunan perumahan tersebut cukup membantu para penyandang difabel, sebab Ia bisa mendapatkan kredit rumah dengan terjangkau.

"Kami itu bisa beli rumah dengan DP yang mudah dan bisa dicicil. Jadi untuk teman-teman yang pekerjaannya belum tentu, bisa memiliki rumah. Ini sangat membantu sekali untuk teman disabilitas," kata Sari.

Dia mengaku selama 2 tahun tinggal di kawasan inklusif tersebut cukup kerasan, karena bisa saling membantu sesama kaum difabel maupun dengan masyarakat. Bahkan lanjut Sari masyarakat sekitar juga memberikan dukungan kepada seluruh penghuni perumahan.

"Warga di sini itu mudah bergaul dengan teman-teman difabel dan bisa menyesuaikan diri," imbuhnya.

Hal senada disampaikan penyandang tunanetra, Mustofa. Menurutnya fasilitas lingkungan yang ramah terhadap difabel membuat akses maupun interaksi ke tetangga lebih mudah.

"Kalau ke tetangga itu ada tandanya semua, jadi lebih enak," tandasnya.