Banyak Mobil Bawa Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru hingga Jalan Macet

M Rofiq - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 17:59 WIB
Atas kemacetan di jalan, Polres Lumajang melakukan penyetopan dan penjagaan di 4 titik. Yakni di Tugu Salak, pertigaan menuju Dusun Renteng, Dusun Curah Kobokan dan jalan menuju Pos PVMBG Gunung Semeru di Gunung Sawur.
Pos pengamanan Polres Lumajang di sekitar wilayah terdampak erupsi Semeru/Foto: Istimewa
Lumajang - Banyak mobil dermawan penyuplai bantuan untuk korban dan warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Sehingga terjadi kemacetan mulai dari Kecamatan Pasirian hingga Kecamatan Candipuro.

Pihak kepolisian sudah melakukan antisipasi agar arus lalu lintas tidak macet, dan menempatkan petugas lalu lintas dan dibantu personel dari polsek-polsek, mengatur lalu lintas di beberapa titik.

Namun masih banyak masyarakat dan komunitas lewat jalur tikus menuju lokasi pengungsian. Baik ke Desa Penanggal Kecamatan Pronojiwo, dan menuju pengungsian yang berada di Kecamatan Candipuro. Kebanyakan komunitas yang mengirim bantuan banyak membawa kendaraan sampai 5 mobil. Ini yang membuat arus lalu lintas padat.

Ditambah banyak relawan dari berbagai komunitas. Banyak yang datang ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, dengan membawa teman dan kendaraan operasional.

Atas kemacetan di jalan, Polres Lumajang melakukan penyetopan dan penjagaan di 4 titik. Yakni di Tugu Salak, pertigaan menuju Dusun Renteng, Dusun Curah Kobokan dan jalan menuju Pos PVMBG Gunung Semeru di Gunung Sawur.

Kabag Ops Polres Lumajang, Kompol Ariyanto Agus mengatakan, banyak kendaraan dari komunitas yang menyalurkan bantuan ke korban erupsi Gunung Semeru. Banyak membawa rombongan kendaraan ke lokasi. Ia berharap bantuan lebih baik dikirim ke Pendopo Bupati. Karena saat ini penerimaan bantuan dipusatkan di Pendopo Bupati Lumajang, untuk mengantisipasi kemacetan.

"Terima kasih dukungan dan sumbangsih yang cukup antusias untuk korban dan warga terdampak erupsi Semeru. Macet arus lalu lintas penyebabnya banyaknya pemberi bantuan yang banyak membawa kendaraan, menjadi penyebab kemacetan. Kami berharap bantuan dikirim ke Pendopo Bupati Lumajang, karena sudah dipusatkan di sana. Kami melakukan penyekatan di 4 titik untuk menghalau kendaraan dari dermawan, untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di lokasi pengungsian," ujar Kompol Ariyanto, Minggu (12/12/2021).

Pihak kepolisian dari Polres Lumajang mengatakan, para relawan sebaiknya mendaftar ke posko Basarnas di Kecamatan Candipuro. Agar tertib dan terdata. Untuk kendaraan bisa diparkir di lapangan yang sudah disediakan oleh petugas.

"Untuk relawan yang akan melakukan aksi kemanusiaan, membantu melakukan pencarian korban erupsi Gunung Semeru, sebaiknya mendaftar ke Basarnas Lumajang. Dan bisa tertib memarkirkan mobilnya di lapangan, tidak di pinggir jalan, karena juga menjadi biang kemacetan dan kepadatan arus lalu lintas," imbuhnya. (sun/bdh)