Penjelasan Medis soal Balita di Pasuruan 'Disunat Jin'

Muhajir Arifin - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 14:13 WIB
Penis MIR (3,5) tiba-tiba dalam keadaan seperti tersunat usai kencing. Orang tua dan warga menyakini MIR disunat jin.
Widodo, petugas kesehatan/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan - Balita di Kota Pasuruan, MIR (3,5) disebut-sebut disunat jin. Bagaimana penjelasan medisnya?

Widodo, petugas kesehatan yang melihat kondisi MIR di rumahnya, Kelurahan Wirogunan RT 02 RW 05, Purworejo, memberikan penjelasan. Menurutnya, kondisi yang dialami MIR disebut parafimosis.

"Parafimosis itu kondisi di mana glans (kepala penis) besar, sedang kulit kulup tipis dan pendek. Sehingga pada saat ereksi bisa membuka sendiri. Setelah membuka, karena kulitnya tipis, bisa mengikat pada kepala penis. Sehingga tak bisa kembali," jelas Widodo, Sabtu (11/12/2021).

Widodo yang juga petugas khitan menjelaskan, hal yang dialami MIR beda dengan sunat atau khitan. "Kalau orang sunat itu kan dipotong. Ini tidak ada potongannya sehingga ini utuh tapi mengikat glans," jelasnya.

Menurut Widodo, ia sempat dipanggil ayah MIR saat penis bocah berusia 3,5 tahun itu diyakini disunat jin. "Saya pertama lihat nggak bengkak karena sirkulasi darah masih lancar. Setelah tiga hari ini bengkak. Berarti ini hanya mengikat saja nggak ada bekas potongan," jelasnya.

Widodo meminta orang tua MIR, Rusman tenang dan tak perlu khawatir. "Kita tunggu saja beberapa hari ke depan. Dipantau terus. Kalau nanti kembali ke bentuk normal bisa disunat," jelas Widodo.

Kejadian yang menimpa MIR langsung tersebar dan membuat heboh. Warga menyakini MIR disunat jin.

"Saya dapat cerita dari ibu-ibu, MIR disunat jin. Terus saya lihat sendiri ternyata memang kondisi sudah tersunat," ungkap Zainal, salah satu tetangga.

Menurut Zainal, warga yakin MIR disunat jin karena hal itu terjadi di beberapa tempat. "Kan banyak cerita-cerita warga disunat jin di berbagi tempat," pungkasnya. (sun/bdh)