Korban Erupsi Semeru Minta Bu Risma Bangun Musala di Pengungsian

M Rofiq - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 16:07 WIB
Pakaian bekas layak pakai menumpuk di posko bencana, Balai Desa Penanggal, Kecamatan Pronojiwo. Lumajang. Panitia sepakat menyetop bantuan pakaian bekas.
Pakaian bekas layak pakai menumpuk di posko bencana, Lumajang/Foto: M Rofiq/detikcom
Lumajang - Korban erupsi Gunung Semeru yang tengah mengungsi membutuhkan sejumlah bantuan. Bahkan ada yang berharap Mensos Tri Rismaharini membangun musala di pengungsian.

Permintaan itu diungkapkan Mutia (34), warga Dusun Kajar Kuning, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Ia berharap ada banyak bantuan perlengkapan salat.

"Ditambah tidak ada tempat khusus untuk salat. Kami berharap Bu Risma bangun tenda untuk dijadikan musala untuk ibadah para korban erupsi di tempat penampungan," kata Mutia saat dikonfirmasi di tenda penampungan di lapangan Desa Penanggal, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jumat (10/12/2021).

Petugas penerima bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru, Yuliani (50) mengatakan, bantuan terus mengalir ke posko penampungan yang tersebar di 2 kecamatan. Yakni Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro.

Pakaian bekas layak pakai menumpuk di posko bencana, Balai Desa Penanggal, Kecamatan Pronojiwo. Lumajang. Panitia sepakat menyetop bantuan pakaian bekas.

"Pemerintah Kabupaten Lumajang yang tergabung menjadi panitia penerima bantuan di posko-posko, sudah sepakat setop bantuan pakaian layak pakai atau bekas. Karena sudah penuh gudangnya dan berserakan, dan sayang kalau terbuang. Kalau baju baru masih kita terima," kata Yuliani.

Erupsi Gunung Semeru terjadi pada Sabtu (4/12). Hingga saat ini, tercatat ada puluhan korban tewas dalam peristiwa tersebut. (sun/bdh)