Jalan Longsor Belum Diperbaiki, Ke Bromo Lewat Pasuruan Bisa Pilih Jalur Ini

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 08:29 WIB
longsor di tosari jalan menuju bromo
Jalan di Tosari yang longsor (Foto: Muhajir Arifin/File)
Pasuruan - Jalan akses ke wisata Bromo di Desa Baledono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, yang longsor belum diperbaiki. Meski demikian jalur itu tetap bisa dilalui kendaraan wisatawan.

"Jalan masih bisa dilewati. Mobil, bis juga bisa lewat," kata Seksi Wilayah 1 Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS), Sarmin kepada detikcom, Jumat (10/12/2021).

Jalan yang longsor merupakan akses ke Bromo melalui Kota Pasuruan-Kecamatan Pasrepan. Selain jalur itu, selama ini wisatawan Bromo juga lewat jalur Purwodadi-Tutur.

"Kalaupun nanti yang longsor itu tak bisa dilalui, bisa lewat Purwodadi. Tapi saat ini masih bisa dilewati," imbuhnya.

Camat Tosari Edy Priyanto menjelaskan bagian jalan yang longsor selebar 1 meter. Bagian jalan utama masih bisa dilewati kendaraan.

"Bisa lewat. Nggak ada masalah. Ada petugas juga yang mengawal," katanya.

Jalur ke Bromo dari Kecamatan Pasrepan tepatnya di Desa Baledono, Kecamatan Tosari longsor, Selasa (16/11). Longsor terjadi setelah hujan lebat di wilayah tersebut.

Jalan longsor sepanjang 50 meter dengan ketinggian sekitar 7 sampai 8 meter. Perbaikan permanen jalan yang longsor masih dalam perencanaan. Sudah dilakukan langkah pencegahan agar longsor tak meluas.

Simak Video 'Curah Hujan Meningkat, Prakirawan BMKG: Waspada Bencana Alam':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)