150 Rumah di Mojokerto Terendam Akibat Jebolnya Tanggul Sungai Sumberwaru

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 01:21 WIB
Hujan deras beberapa jam mengakibatkan tanggul Sungai Sumberwaru di Mojokerto jebol. Luberan air dari sungai tersebut sempat merendam sekitar 150 rumah warga.
Banjir akibat tanggul Sungai Sumberwaru di Mojokerto jebol/Foto: Istimewa (dok.BPBD Kabupaten Mojokerto)
Mojokerto -

Hujan deras beberapa jam mengakibatkan tanggul Sungai Sumberwaru di Mojokerto jebol. Luberan air dari sungai tersebut sempat merendam sekitar 150 rumah warga.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Djoko Soepangkat mengatakan, tanggul Sungai Sumberwaru yang jebol mencapai 15 meter dengan ketinggian 1,5 meter. Titik tanggul jebol tersebut terletak di Dusun Sumberwaru, Desa Kembangsri, Kecamatan Ngoro.

"Perbaikan besok akan dikerjakan Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto," kata Djoko kepada detikcom, Selasa (7/12/2021).

Jebolnya tanggul Sungai Sumberwaru, lanjut Djoko, mengakibatkan air meluber ke permukiman penduduk Dusun Sumberwaru. Ketinggian air yang masuk ke rumah-rumah warga antara 40-80 cm.

"Sekitar 150 rumah terdampak luberan tanggul jebol, saat ini sudah surut," terangnya.

Luberan air Sungai Sumberwaru juga sempat menggenangi Jalan Raya Ngoro dan minimarket di Dusun Ngetrep, Desa Sedati. Saat ini genangan air di jalur Mojokerto-Pasuruan tersebut juga sudah surut.

"Warga tidak sampai mengungsi, korban jiwa juga nihil," terangnya.

Hujan deras beberapa jam sejak pukul 16.00 WIB membuat debit Sungai Sumberwaru naik signifikan. Tingginya debit air mengakibatkan tanggul sungai tersebut jebol.

(sun/bdh)