Operator Tambang Emas Banyuwangi Peduli Warga Terdampak Erupsi Semeru

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 17:53 WIB
pt bsi kirimkan tim tanggap darurat ke lumajang
PT BSI kirimkan tim tanggap darurat ke Lumajang (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - PT Bumi Suksesindo (BSI) mengirimkan tim tanggap darurat atau emergency response team (ERT) ke Lumajang, untuk membantu korban erupsi gunung Semeru. ERT dari operator tambang emas satu-satunya di Pulau Jawa ini bekerja di bawah koordinasi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (KESDM) Republik Indonesia.

Tim relawan bertolak dari site Tujuh Bukit pada Minggu, (5/12/2021). Dalam keberangkatan ini, ERT membawa obat-obatan, perban, pembalut, masker, dan lain-lain.

"Tim ERT akan fokus membantu evakuasi dan pertolongan pertama korban," kata Direktur PT Bumi Suksesindo, Boyke Abidin kepada detikcom, Selasa (7/12/2021).

Selain itu, BSI juga mengirimkan bantuan sembako, seperti beras, minyak, gula, sarden, dan kornet; kebutuhan wanita, seperti pembalut; kebutuhan bayi, seperti bubur dan biskuit; dan peralatan mandi, seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan sampo. Tidak ketinggalan, perusahaan juga mengirimkan terpal, selimut, dan tikar untuk masyarakat terdampak.

PT BSI bersama perwakilan KESDM menyerahkan bantuan tersebut melalui BPBD Lumajang, Senin, (6/12/2021). Semua relawan di bawah koordinasi Kementerian ESDM menggunakan lapangan Penanggal, Lumajang sebagai pusat koordinasi.

Selain menyerahkan bantuan, ERT PT Bumi Suksesindo juga bergabung dengan para relawan dari berbagai instansi dan kelompok untuk membantu pencarian korban dan memberi bantuan pengobatan.

"ERT kami memang telah dilatih untuk keadaan-keadaan darurat seperti ini. Kami berada di sini dan bekerja sesuai arahan dari KESDM," kata Boyke.

Keterlibatan emergency response team (ERT) PT Bumi Suksesindo dalam merespons bencana bukan kali ini saja. Sebelumnya, ERT pernah terlibat dalam beberapa penanganan bencana di tanah air, seperti tsunami Pidie Jaya, Aceh 2016, gempa Lombok 2018, banjir Songgon, Banyuwangi 2018, gempa dan tsunami Palu 2018, banjir Ringinagung, Banyuwangi 2018, dan gempa dan tsunami Banten 2018. (iwd/iwd)