3 Truk Bantuan dari Banyuwangi Disalurkan untuk Korban Erupsi Semeru

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 18:24 WIB
polresta banyuwangi
Bantuan dari Polres Banyuwangi akan diteruskan untuk pengungsi Semeru (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Program penggalangan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru dilakukan Polresta Banyuwangi. Total ada tiga unit truk berisi bantuan yang dikirim ke Lumajang untuk membantu korban bencana di daerah tersebut.

Pemberangkatan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru dilakukan oleh Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu, Selasa (7/12/2021). Hadir pula pejabat utama, Bhayangkari dan anggota Polresta Banyuwangi.

"Kami tidak menyangka penggalangan bantuan ini direspons baik oleh banyak pihak. Hal ini lantaran pihak yang ikut mendonasikan bantuan tak hanya dari jajaran anggota Polresta dan keluarga besar Polresta Banyuwangi melainkan juga masyarakat umum," ujar Nasrun kepada detikcom.

Sebenarnya pihaknya hanya menggalang bantuan di internal polisi saja. Namun rupanya, masyarakat pun antusias membantu dan mengirimkan berbagai keperluan untuk para korban bencana erupsi Gunung Semeru.

"Awalnya kami hanya di kalangan keluarga besar Polresta Banyuwangi. Tapi masyarakat sangat antusias ikut membantu. Jadi bantuan ini tak hanya dari Polresta Banyuwangi melainkan masyarakat umum juga," ucapnya.

Nasrun mengatakan bantuan dari Polresta Banyuwangi tersebut nantinya dialokasikan ke lokasi bencana yang terjadi. Bantuan yang akan disalurkan antara lain berupa makanan seperti sarden, mie instan, kopi saset, serta berbagai macam sembako seperti beras, minyak, gula, air mineral dan lainnya.

"Tiga truk kami kirim ke Lumajang untuk korban erupsi Semeru di sana. Bantuan langsung kami kirim ke tempat pengungsian korban bencana alam," tuturnya.

AKBP Nasrun menyampaikan bahwa bantuan yang dikirimkan untuk dipergunakan di dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari masyarakat korban erupsi.

"Kami secara keseluruhan yang ada di Polresta Banyuwangi untuk memberikan bantuan dengan secepatnya, dengan seadanya dan semampunya, seikhlasnya untuk memberikan bantuan tersebut ada beras, gula, air minum. mie instan, kopi, sarden dan lain-lain. Semuanya sebanyak 3 truk yang ada di tempat kita untuk dikirimkan ke saudara-saudara kami yang ada di Lumajang," ujar Kapolresta Banyuwangi.

Nasrun juga menyampaikan jika pihaknya hingga saat ini belum mengirimkan bantuan personel ke Lumajang. Namun Polresta Banyuwangi telah menyiapkan personil sebanyak satuan setingkat pleton termasuk peralatan pendukung tanggap bencana.

"Bantuan yang kami kirimkan dipastikan akan langsung disampaikan kepada warga terdampak. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat yang ikut berkontribusi membantu meringankan beban korban bencana," tutup Nasrun.

(iwd/iwd)